Show simple item record

dc.contributor.authorSITI NURHAKIMI
dc.date.accessioned2014-01-29T19:18:48Z
dc.date.available2014-01-29T19:18:48Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM100210274039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27285
dc.description.abstractRendahnya skor aktivitas dan nilai hasil belajar IPA, siswa kelas V SD Negeri Rambipuji 04 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Metode eksperimen adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan sendiri pernyataan atau hipotesis yang dipelajari (Sagala, 2005: 220). Menurut Usman (1993:129). Metode eksperimen adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan penjelasan lisan disertai perbuatan atau memperilihatkan suatu proses tertentu yang kemudian diikuti atau dicoba oleh siswa untuk melakukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan sub pokok bahasan sifat- sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Rambipuji 04 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Pebruari sampai 14 April 2012 di SD Negeri Rambipuji 04 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2011/2012, analisis aktivitas siswa dalam pelaksanaan metode eksperimen melalui siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis secara keseluruhan disimpulkan bahwa aktivitas siswa termasuk kategori aktif. Hal ini dapat terlihat dari prosentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 62 % dan pada sikllus II meningkat menjadi 86 %. Hasil tersebut men nunjukkan bahwa peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 24 %. Berdasarkan hasil analisis ada peningkatan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa setelah diadakan siklus II, hal ini dapat terlihat dari rata-rata kelas maupun nilai ketuntasan belajar di kelas. Rata-rata kelas pada siklus I menunjukkan nilai sebesar 69 dengan prosentase ketuntasan siswa sebesar 69%.Sedangkan pada siklus II rata –rata hasil belajar siswa mencapai angka 80, dengan prosentase 97 %. Dalam siklus 1 siswa yang tuntas 20 siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas hamper keseluruhan yaitu 28 siswa hanya 1 siswa yang tidak tuntas dalam belajar. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan sebesar 28 % dari siklus sebelumnya. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas V SD Negeri Rambipuji 04 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 75 % siswa telah mencapai nilai ≥ 65. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan metode eksperimen menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimenl mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274039;
dc.subjectAktivitas Siswa, Hasil Belajar, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SUB POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN.RAMBIPUJI 04 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record