• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA TEGAK DAN LIMAS BERORIENTASI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (346)FKIP_1.pdf (1.081Mb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    SITI NUR JAMILAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya pembelajaran yang dilakukan guru disekolah masih bersifat konvensional. Metode pembelajaran yang dipakai biasanya dimulai dari pemberian teori, kemudian contoh soal, dan terakhir diberikan soal-soal latihan. Seharusnya perlu dipikirkan metode pembelajaran yang tepat dan cara-cara penyajian pembelajaran yang memungkinkan anak mudah memahami dan tidak mudah lupa tentang konsep dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning). Geometri merupakan materi matematika yang sulit dipahami oleh siswa karena banyaknya rumus yang harus siswa kuasai. Oleh karena itu dikembangkan perangkat pembelajaran materi luas permukaan prisma tegak dan limas berorientasi metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep dalam geometri. Metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning) adalah metode pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang belum diketahui bukan melalui pemberitahuan, melainkan menemukan sendiri dan bimbingan dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang diadaptasi menjadi model 3-D. Model 3-D terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, ix pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan rumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, dan format pembelajaran, serta perancangan prototipe perangkat pembelajaran. Proses ini mengahasilkan dua RPP, dua LKS, dua buku siswa, dan dua THB yang disebut draft I. Draft I selanjutnya divalidasi oleh tiga validator yang terdiri dari dua dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan satu orang guru matematika SMP. Hasil validasi perangkat kemudian dianalisis dan hasilnya menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki validitas yang tinggi dengan rata-rata nilai validasi 4,44; 4, 39; 4,45; 4,27 berturut-turut untuk RPP, LKS, buku siswa, dan THB. Hasil validasi dari 3 validator digunakan untuk memperbaiki draft I dan hasilnya disebut draft II. Draft II merupakan perangkat yang siap diujicobakan pada subjek uji coba yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Jember yang berjumlah 30 siswa. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dan dilakukan pada 5 September 2012 s/d 8 September 2012. Hasil data uji coba berupa data aktivitas siswa dan aktivitas guru menunjukkan rata-rata persentase berturut-turut yaitu 92,5% dan 81,65%. Untuk hasil THB menunjukkan semua siswa tuntas dalam pembelajaran, dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran yaitu sebesar 91,85% untuk semua indikator dalam angket. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki draft II dan hasilnya disebut draft III. Draft III merupakan produk perangkat pembelajaran matematika materi luas permukaan prisma tegak dan limas berorientasi metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning). Berdasarkan hasil pada tahap pengembangan, produk perangkat pembelajaran matematika berorientasi metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning) memenuhi kriteria pengembangan yang ditetapkan, yaitu kriteria kevalidan, kriteria kepraktisan, dan kriteria keefektifan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27280
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository