PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD XI SMA NEGERI 1 PURWOHARJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Perkembangan IPTEK dalam kehidupan semakin mendorong dan
mempengaruhi dunia pendidikan. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di indonesia, khususnya biologi yaitu melalui
perubahan kurikulum. Namun sampai saat ini mutu pendidikan di indonesia masih
belum mendapatkan hasil yang memuaskan, baik ditinjau dari proses
pembelajarannya maupun hasil belajar siswanya
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model
pembelajaran STAD
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran STAD
maupun siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan
uji homogenitas dengan analisis varian (
Dari hasil observasi, aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen XI IPA-1
dan kelas kontrol XI IPA-4 dapat dianalisis data dengan menggunakan metode
independent sample t-test
Data hasil belajar kognitif yaitu berupa data hasil skor pre-test dan post-test,
dimana data hasil yang diperoleh untuk menjawab permasalahan yang pertama yaitu’’
Adakah pengaruh model pembelajaran STAD
Hasil ranah psikomotor dapat dilihat pada sikap siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis Uji-t pada model pembelajaran STAD
viii
dengan metode praktikum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar siswa pada ranah psikomotor. Hasil analisis uji-t menggunakan metode
analisis Independent Sample t-tes. Pada taraf signifikansi 5% menunjukkan rata2 hasil
belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas
kontrol.sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh penerapan model STAD dengan
metode praktikum meberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.