• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD XI SMA NEGERI 1 PURWOHARJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (348)FKIP_1.pdf (268.2Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Siti Nurjanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan IPTEK dalam kehidupan semakin mendorong dan mempengaruhi dunia pendidikan. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di indonesia, khususnya biologi yaitu melalui perubahan kurikulum. Namun sampai saat ini mutu pendidikan di indonesia masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan, baik ditinjau dari proses pembelajarannya maupun hasil belajar siswanya Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran STAD Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD maupun siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji homogenitas dengan analisis varian ( Dari hasil observasi, aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen XI IPA-1 dan kelas kontrol XI IPA-4 dapat dianalisis data dengan menggunakan metode independent sample t-test Data hasil belajar kognitif yaitu berupa data hasil skor pre-test dan post-test, dimana data hasil yang diperoleh untuk menjawab permasalahan yang pertama yaitu’’ Adakah pengaruh model pembelajaran STAD Hasil ranah psikomotor dapat dilihat pada sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis Uji-t pada model pembelajaran STAD viii dengan metode praktikum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotor. Hasil analisis uji-t menggunakan metode analisis Independent Sample t-tes. Pada taraf signifikansi 5% menunjukkan rata2 hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh penerapan model STAD dengan metode praktikum meberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27278
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository