• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN RANG PERANG DAYA III KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (96)_1.pdf (139.9Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    MOH. ZAIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kondisi SDN Rangperang Daya III dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala, sarana dan prasarana yang memadai dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas V tentang “Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan penguasaan siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS Kelas V SDN Rangperang Daya III melalui penggunaan metode pemberian tugas (2) Mendeskripsikan tingkat ketuntasan belajar siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS melalui metode pemberian tugas kelas V SDN Rangperang Daya III. Daerah penelitian yang digunakan adalah SD negeri Rangperang Daya III Kecamatan proppo Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan dalam daerah penelitian adalah purpose sampling area,. Jumlah subjek sebanyak 34 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 19 Perempuan. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang menggunakan refleksi diri dan sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan penguasaan siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah 79,8. Penggunaan metode pemberian tugas mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Dari jumlah yang tuntas belajar tersebut didapatkan ketuntasan 93%. Hal ini berarti ketuntasan sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat lebih dari 80% siswa tuntas belajar Pembelajaran IPS menggunakan metode pemberian tugas di kelas kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan perlu dikembangkan untuk menarik minat dan aktifitas siswa terhadap pembelajaran itu sendiri, hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang positif pada pembelajaran tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27229
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository