ANALISIS PERENCANAAN DAN PENENTUAN KOMBINASI PRODUK OPTIMAL DALAM UPAYA MEMAKSIMALKAN LABA PADA CV. MULTI BANGUNAN JEMBER
Abstract
Setiap perusahaan didirikan untuk dapat memenuhi keinginan para
pemiliknya, yang salah satunya adalah untuk dapat memperoleh keuntungan
sebanyak-banyaknya. Untuk dapat memenuhi keinginan pemilik perusahaan, maka
banyak perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis produk. Diharapkan
dengan adanya beberapa produk maka dapat memberikan kontribusi keuntungan
yang berbeda-beda yang selanjutnya dapat ditentukan atau dikombinasikan mengenai
berapa harus memproduksi dari masing-masing produk untuk dapat memperoleh laba
yang maksimal. Oleh karena itu, perencanaan dan penentuan mengenai luas produksi
sangat penting.
CV. Multi Bangunan Jember merupakan perusahaan perintis yang bergerak
di bidang pembuatan produk – produk paving stone,batako, dan lain – lain di kota
Jember. CV. Multi Bangunan belum melaksanakan perencanaan jumlah kombinasi
produk yang diproduksi dari masing – masing jenis produk. Selama ini CV. Multi
Bangunan hanya mendasarkan perhitungannya pada jumlah pasar yang menyerap
produk – produknya tanpa merencanakan berapa jumlah produksinya dari masing –
masing jenis produk sehingga laba yang dicapai belum pada titik yang optimal.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui
perencanaan dan penentuan kombinasi produk yang optimal dalam upaya
memaksimalkan keuntungan pada CV.Multi Bangunan Jember. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier programming
metode simplek. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan metode deduktif karena kesimpulan yang akan dicapai dalam penelitian ini berawal dari hal
yang umum kemudian diakhiri dengan hal yang khusus.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan belum melakukan
operasi produksinya secara optimal sehingga laba yang diperoleh belum maksimal.
Kesimpulan ini didasarkan pada total contribution margin riil yang diperoleh
perusahaan pada tahun 2011 sebesar Rp. 1.511.211.659,- dengan kombinasi produk
sebanyak 16740,81 m2 paving stone, 33940,64 m2 konblok, 275137 unit genteng,
46943 unit batako, 2313 unit nok samping, 2823 unit roster, 5152 unit beton buis,
masih dibawah total contribution margin yang seharusnya dicapai pada tahun tersebut
sebesar Rp. 1.587.198.000,- dengan kombinasi produk sebanyak 26075 m2 paving
stone, 37383 m2 konblok, 264471 unit genteng, 3230 unit nok samping, atau dengan
kata lain perusahaan hanya mendapatkan laba sebesar 95% dari total laba yang
seharusnya dicapai pada tahun 2011 dan berdasarkan analisis linier programming
metode simplek, produk batako, roster, dan beton buis tidak disarankan untuk
diproduksi karena menunjukkan angka nol (0). Proyeksi laba yang diperoleh
perusahaan untuk tahun 2012 berdasarkan analisis yaitu sebesar Rp. 1.688.182.000,-
dengan kombinasi produk sebesar 29273 m2 paving stone, 42886 m2 konblok, 240844
unit genteng, 3952 unit nok samping, sedangkan untuk produk batako,roster, dan
beton buis tidak disarankan untuk diproduksi karena menunjukkan angka nol (0).