• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (42)_1.pdf (213.9Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    MOHAMMAD SUBAIRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahsasa Indonesia di SD banyak yang bertujuan hanya untuk mencapai target kurikulum, selain itu guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Bahasa Indonesia dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun kalimat sederhana, 2) mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan kartu kata, pokok bahasan menyusun kalimat sederhana 3) dan mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun kalimat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tampojung Guwa Waru Pamekasan Kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 01 April 2010 sampai 29 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tampojung Guwa Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Media kartu kata adalah: pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar 70,75 dan meningkat menjadi 72,5 pada siklus 2. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 70% dengan jumlah siswa tuntas 14 orang siswa, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85% dengan jumlah siswa tuntas 17 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menyusun kalimat dengan menggunakan media kartu kata. Selain itu juga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, dan memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27187
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository