Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMMAD AIENOR RAKHMAN
dc.date.accessioned2014-01-29T12:42:08Z
dc.date.available2014-01-29T12:42:08Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM050210192004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27151
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas dan hasil bejar siswa khususnya dibidang studi fisika. Berdasaarkan hasil obeervasi awal dikelas VII-E SMP Negeri 12 Jember terdapat rendahnya hasil belajar fisika bisa dilihat dengan ketuntasan hasil belajar siswa yang hanya 40%, serta tingkat keaktifan siswa hanya 47,5% dari 40 siswa dengan nilai KKM 70. Salah satu strategi yang relevan dan bentuk penilaian yang bisa diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah strategi peta pikiran. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran, dengan tujuan sebagai berikut : (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika melalui pembelajaran dengan menggunakan penerapan active learning dengan strategi peta pikiran pada siswa SMPN 12 Jember kelas VII-E. (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa yang belajar fisika dengan penerapan active learning dengan strategi belajar peta pikiran pada siswa di SMPN 12 Jember kelas VII E. Penelitian ini dilakukan dikelas VII-E SMPN 12 Jember yang didasarkan oleh permasalahn proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktifitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ” Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research)”. Metode pengupulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskrptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif data : (1) hasil penelitian; (2) aktifitas belajar untuk megetahui peningkatan aktifitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (3) ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II.Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rat-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 47,5%, sedangkan aktifitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalamai peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya prosentase secara klasikal aktifitas belajar siswa mencapai 60,60%. Pada siklus II aktifitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktifitas belajar siswa meningkat menjadi 65,33%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan adalah sebesar 4-%, pada pembelajaran siklus I sebesar 77,50% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) strategi peta pikiran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-E di SMP Negeri 12 Jember dengan persentase secara klasikal mencapai 65,33% dan berada dalam kategori aktif, (2) strategi peta pikiran dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-E di SMP Negeri 12 Jember dengan persentase secara klasikal mencapai 82,50%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192004;
dc.subjectPenerapan Active Learning,Strategi Belajar Peta Pikiranen_US
dc.titlePENERAPAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI BELAJAR PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP NEGERI 12 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record