PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU
Abstract
Sekolah sebagai salah satu organisasi yang menjadi tempat mengajar dan
belajar serta tempat untuk memberi pelajaran, ditempat tersebut terdapat orang
atau sekelompok orang yang melakukan kerjasama yaitu kepala sekolah, guru,
tenaga TU, siswa dan orang tua siswa. Salah satu yang menjadi tolak ukur dalam
keberhasilan sekolah adalah mekanisme atau gaya kepemimpinan kepala sekolah
yang mampu memotivasi kerja guru agar proses pendidikan dapat mencapai
tujuan yang diinginkan. Peranan gaya kepemimpinan yang berkualitas, maka
dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya program mutu pendidikan di sekolah
ditentukan oleh kemampuan kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan
yang sudah dimiliki oleh kepala sekolah tersebut sehingga para guru termotivasi
untuk bekerja. Gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala sekolah SMP
Negeri 1 Leces ini bertujuan untuk memberi motivasi kerja terhadap guru-guru
SMP Negeri 1 Leces untuk lebih giat dalam mengajar dalam mencapai tujuan
utama dari pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan
gaya kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 1 Leces dan adakah pengaruh
gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, sehingga
menimbulkan permasalahan mengenai bagaimana kecenderungan gaya
kepemimpinan kepala sekolah yang sudah diterapkan terhadap motivasi kerja
guru dan bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap
motivasi kerja guru ( studi kasus di SMP N 1 Leces Kecamatan Leces Kabupaten
Probolinggo Tahun 2008). Jenis penelitian ini bersifat non eksperimen yang
memadukan dua metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode
pengumpulan data observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden sebanyak 28 orang yaitu semua guru yang mengajar di SMP Negeri 1
Leces. Analisis data dengan menggunakan analisis diskriptif dan analisis
inferensial yang menggunakan persamaan garis regresi linier sederhana, varian
garis regresi, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kecenderungan gaya kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 1 Leces
mengarah pada gaya kepemimpinan demokrasi dan ada pengaruh yang signifikan
antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru. Hal ini
dibuktikan dengan menggunakan uji F dimana F
viii
hitung
> F
( 43,074 > 2,59)
dengan signifikasi 0,000, koefisien determinasi (R
square
tabel
) sebesar 0,624 yang berarti
bahwa variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah secara simultan
mempengaruhi motivasi kerja guru di SMP Negeri 1 Leces sebesar 62,4% yang
masuk pada kategori cukup. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa gaya
kepemimpinan dapat memberikan kontribusi yang cukup positif terhadap motivasi
kerja guru.