dc.description.abstract | Pelaksanaan pembelajaran matematika SD dalam proses belajar
mengajarnya harus diciptakan secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan
menyenangkan melalui pendekatan matematika realistik, serta didukung
kompetensi guru untuk mengelola proses belajar mengajar dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik secara edukatif. Kondisi SD menunjukkan belum
dilaksanakan atau digunakan pendekatan matematika realistik secara optimal
untuk pembelajaran pembagian dua bilangan, termasuk di SD Islam Al–
Khairiyah, Banyuwangi. Karenanya dilaksanakan penelitian tindakan kelas.
Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran konsep pembagian dua bilangan dengan menggunakan pendekatan
Matematika Realistik.
Hipotesisnya, jika prosedur pelaksanaan pengajaran pembagian dua
bilangan disajikan menggunakan pendekatan matematika realistik maka
pemahaman siswa akan konsep dasar pada pembagian dua bilangan akan
meningkat dari sebelumnya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan
metode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas II E SD Islam
Al–Khairiyah, Banyuwangi. Pada semester II tahun 2012. Pengumpulan data
dengan observasi aktivitas siswa selama tindakan dan hasil belajar siswa.
Hasilnya: penggunaan pendekatan matematika realistik dapat
meningkatkan pemahaman konsep pembagian dua bilangan; pelaksanaan
pendekatan matematika realistik dapat dilakukan dengan kegiatan matematisasi;
hambatan yang dialami adalah keterbatasan waktu, bahan/alat peraga, serta
kemampuan guru dan siswa.
Kesimpulan: Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas II E SD
Islam Al–Khairiyah dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pembagian
Dua Bilangan melalui Pendekatan Matematika Realistik perlu dilakukan secara
terencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai
kompetensi yang berhubungan dengan kegiatan matematisasi dunia nyata. | en_US |