• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI BRUNER PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SEMESTER GENAP SMP NEGERI SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (188)FKIP_1.pdf (601.9Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    MISBAHUL JANNAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan bersifat konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan tidak antusias dalam proses pembelajaran. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru matematika di SMP Negeri Sukorambi menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai pelajaran matematika yang berhubungan dengan geometri terutama yang menyangkut bangun ruang. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan teori Bruner, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran dengan teori Bruner pada pokok bahasan kubus dan balok. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri Sukorambi semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki- laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan teori Bruner pada pembelajaran kubus dan balok di kelas VIII E SMP Negeri Sukorambi semester genap tahun ajaran 2010/2011 berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas memperhatikan penjelasan guru mencapai 75,69%, memanipulasi alat peraga 75,69%, menggambar atau analisa gambar sketsa pada LKS 70,83%, menganalisis hasil kegiatan untuk memperoleh kesimpulan 67,36% dan bertanya mencapai 47,92%. Pada siklus II, aktivitas memperhatikan penjelasan guru sebesar 84,03%, memanipulasi alat peraga 86,81%, menggambar atau analisa gambar sketsa pada LKS 81,25%, menganalisis hasil kegiatan untuk memperoleh kesimpulan 73,61% dan bertanya mencapai 70,83%. Disamping itu ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1 mencapai 69,44% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,66%. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan secara signifikan meskipun masih ada siswa yang tidak tuntas secara perorangan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27128
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository