Show simple item record

dc.contributor.authorHADI SUTANTO
dc.date.accessioned2014-01-29T05:56:25Z
dc.date.available2014-01-29T05:56:25Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM080210204132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27100
dc.description.abstractMenulis merupakan keterampilan yang penting bagi siswa. Dengan keterampilan menulis siswa dapat menuangkan gagasan atau ide-ide berupa bahasa tulis yang mudah dipahami oleh pembaca serta dapat memberi informasi kepada pembaca. Siswa dapat membuat hasil karya tulisan berupa Cerpen, Cergam, Puisi, dan Pantun. Sehingga nantinya siswa dalam masyarakat dapat mempublikasikan karyanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Patrang 02 Jember, menunjukkan ada permasalahan dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Permasalahan tersebut di antaranya adalah 1) Kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan masih rendah. 2) Metode yang digunakan guru kurang bervariasi. 3) Media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Dengan Penerapan pendekatan keterampilan proses dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi menulis laporan pengamatan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan Pendekatan keterampilan Proses yang dapat menghasilkan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas 5C SD Negeri Patrang 02 Jember ; (2) bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas 5C SD Negeri Patrang 02 Jember dalam menggunakan Pendekatan keterampilan Proses; (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas 5C SD Negeri Patrang 02 Jember dalam menggunakan Pendekatan keterampilan Proses. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses yang dapat menghasilkan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas 5C, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas 5C dalam menggunakan pendekatan keterampilan proses, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas 5C dalam menggunakan pendekatan keterampilan proses. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Patrang 2 Jember kelas 5C yang terdiri 26 siswa, 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. Analisis data aktivitas siswa adalah siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 52%, Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai 68%. Siklus II aktivitas siswa mencapai 80%. Analisis hasil tes pada siklus I mencapai 92% dengan 2 siswa yang tidak tuntas dari 25 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang tidak tuntas dari 25 siswa.Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang mendukung bagi guru dan siswa. Memberikan masukan untuk guru agar lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar lebih inovatif lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204132;
dc.subjectBELAJAR, MENULISen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MENULIS LAPORAN PENGAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS V DI SD NEGERI PATRANG 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record