dc.description.abstract | Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pancakarya 01 Ajung masih
mengalami kendala karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan
kurang menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran
selain itu guru juga kurang memberikan bimbingan yang baik selama siswa
mengerjakan tugas. Banyak waktu yang digunakan guru hanya dengan memberi
kesempatan kepada siswa untuk membaca, tanpa ada interaksi antar siswa atau antara
guru dan siswa. Dampaknya hasil belajar membaca pemahaman dalam pembelajaran
bahasa Indonesia siswa di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember ini rendah. Hal ini
terbukti dari hasil tes membaca pemahaman siswa yang masih rendah karena siswa
kurang dapat memahami bacaan, sehingga hasil dari prasiklus ini yaitu hanya 17
siswa dari 42 siswa yang mencapai nilai standart ketuntasan belajar minimal
Penggunaan CIRC dipilih karena dalam metode ini siswa diajarkan secara
berkelompok dan siswa tidak hanya membaca dan menjawab pertanyaa, tetapi juga
membaca secara sekilas, meringkas, dan diuji pemahamannya, sehingga siswa benarbenar
dilatih untuk memahami isi dari suatu bacaan.
Dari latar belakang masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1
xi
pemahaman pada siswa kelas V SDN Pancakarya 01 tahun pelajaran 2013-2014?
2)
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Proses penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition
dapat dilakukan dengan beberapa tahap: 1)
Peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman berdasarkan data
analisis, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus menunjukkan
bahwa siklus I secara keseluruhan didapat persentase ketuntasan sebesar 64.3% naik
sebanyak 23.8% dari prasiklus. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 76.2% naik sebanyak 11.9% dibandingkan dengan dengan siklus I. | en_US |