dc.description.abstract | Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran siswa
dalam pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas
siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tegalwangi 05 diketahui
bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa masih dalam taraf rendah, hal ini
dikarenakan: (1) pembelajaran masih bersifat klasikal dan konvensional (ceramah dan
tanya jawab); (2) penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif; dan (3)
penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Metode Discovery Lesson
adalah metode mengajar dimana siswa melakukan penemuan dengan konsep-konsep
atau prinsip-prisip untuk memecahkan permasalahan yang ada. Dalam penemuan
peranan guru sangatlah penting, oleh karena itu guru harus membantu dan
memberikan arahan untuk memperoleh kemudahan bagi siswa dalam menyampaikan
ide, konsep, dan ketrampilan yang sudah dipelajari untuk menemukan pengetahuan
yang baru. Penerapan metode ini dalam pembelajaran disertai dengan media benda
konkrit, karena dengan disertai benda nyata siswa akan lebih mudah dalam
melakukan penemuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah
penerapan metode Discovery Lesson disertai media benda konkrit dapat meningkatan
aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tegalwangi 05 mata pelajaran IPA pokok
bahasan benda padat, cair, dan gas?; (2) bagaimanakah penerapan metode Discovery
Lesson disertai media benda konkrit dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV
SDN Tegalwangi 05 mata pelajaran IPA pokok bahasan benda padat, cair, dan gas?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui metode Discovery Lesson disertai media benda
konkrit pokok bahasan benda padat, cair dan gas di SDN Tegalwangi 05
Kec.Umbulsari kab. Jember; (2) untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas IV
dalam pembelajaran IPA melaui metode Discovery Lesson disertai media benda
konkrit pokok bahasan benda padat, cair dan gas di SDN Tegalwangi 05 Kec.
Umbulsari kab. Jember. | en_US |