PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PERBEDAAN INDIVIDU TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. CABANG JEMBER
Abstract
Bank Mandiri merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar
di Indonesia. Pada sebuah instansi seperti Bank Mandiri, dibutuhkan seorang
pemimpin yang dapat mengatur bawahannya dan mampu mengetahui perbedaan-
perbedaan individu yang ada pada bawahanya, sehingga mampu membentuk pada
kepuasan kerja dan komitmen yang tinggi pada bawahnnya sehingga mencapai
kinerja yang baik bagi perusahaan dan dapat memberikan pelayanan yang
memuaskan bagi para nasabah. Dalam melaksanakan programnya Bank Mandiri
mampu meraih berbagai penghargaan yang tiga diantaranya adalah The Best CEO
and Best Managed Company In Indonesia serta peringkat pertama Banking
Service Excellence Award 2007 oleh Majalah Infobank, sehingga saat ini Bank
Mandiri akan berusaha mempertahankan pencapaian suksesnya tersebut
Kepemimpinan dan identifikasi perbedaan individu dalam sebuah
organisasi atau perusahaan sangatlah penting dalam mencapai tujuan sebuah
organisasi maupun untuk mencapai kepuasan kerja dan komitmen karyawan pada
perusahaan tersebut. Dalam sebuah kepemimpinan keberhasilan suatu organisasi
baik secara keseluruhan maupun kelompok sangat tergantung pada kualitas
kepemimpinan dalam organisasi tersebut dan perbedaan individu dalam sebuah
perusahaan atau organisasi perlu dipelajari dan di-identifikasi karena sebuah alasan yang penting, perbedaan individu memiliki dampak langsung terhadap
perilaku.