Show simple item record

dc.contributor.authorRizki Faradina
dc.date.accessioned2014-01-29T04:29:32Z
dc.date.available2014-01-29T04:29:32Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM090210204067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27026
dc.description.abstractProses pembelajaran IPS di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Kedungrejo Lumajang masih menunjukkan teacher centered dimana pembelajaran sepenuhnya masih berpusat pada guru. Siswa dalam pembelajaran hanya memperhatikan penjelasan guru, mencatat dan mengerjakan LKS. Aktivitas belajar siswa yang rendah menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Penerapan model reciprocal dan media gambar dalam pembelajaran IPS memungkinkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Melalui penerapan model reciprocal dan media gambar, siswa diberikan kesempatan untuk memperoleh pengetahuannya sendiri dan memungkinkan siswa melakukan banyak aktivitas belajar selama mengikuti pembelajaran IPS di kelas. Siswa tidak hanya memperhatikan penjelasan guru, tetapi juga memperhatikan media gambar, membuat pertanyaan, membuat rangkuman, memprediksi materi yang akan diajarkan, serta mengklarifikasi materi yang diajarkan. Sementara melalui media gambar, siswa akan lebih tertarik pada pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa viii kelas IV MI Al-Islamiyah Kedungrejo Lumajang melalui penerapan model reciprocal dan media gambar dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan Sikap kepahlawanan dan patriotisme? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Islamiyah Kedungrejo Lumajang melalui penerapan model reciprocal dan media gambar dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan Sikap kepahlawanan dan patriotisme. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Al-Islamiyah Kedungrejo Lumajang yang memiliki 18 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model skema Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Pada saat pra siklus, aktivitas siswa tergolong rendah yaitu hanya mencapai persentase 39,50%. Pada siklus I aktivitas siswa menjadi beragam dan meningkat menjadi 72,22%, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan lagi menjadi 80,56%. Hasil belajar pada pra siklus mencapai persentase 55,56%. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus I menjadi 72,22% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,33%. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus II, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, karena pembelajaran di kelas dikatakan berhasil jika terdapat minimal 80% siswa telah mencapai nilai tuntas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model reciprocal dan media gambar dalam mata pelajaran IPS pokok bahsan Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Islamiyah Kedungrejo Lumajang. Saran yang diberikan adalah penerapan pembelajaran yang inovatif hendaknya diterapkan oleh guru dalam pembelajaran dan siswa hendaknya diberikan kesempatan untuk menemukan pengetahuan siswa sendiri sehingga apa yang diperoleh siswa tersebut sesuai dengan kebutuhannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204067;
dc.subjectMODEL RECIPROCAL DAN MEDIA GAMBAR, PEMBELAJARAN IPSen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL RECIPROCAL DAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAMIYAH KEDUNGREJO LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record