PENERAPAN `METODE ACTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA LINGKUNGAN KELAS 3 SEMESTER GANJIL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT DI SDN KALIBOTO KIDUL 05 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Metode Actual Learning merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran
IPS,  yang  membawa  siswa  belajar  dengan  suasana  yang  lebih  nyaman  dan
menyenangkan. Biasanya  pembelajaran yang  dilakukan oleh guru  masih  berpusat
pada buku teks dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran
yang menggunakan metode ceramah dan penugasan dengan pembelajaran yang hanya
berpusat  pada  guru,  siswa  hanya  duduk  mendengarkan  penjelasan  dari  guru.
Kurangnya  penggunaan media  pembelajaran menyebabkan siswa kurang berminat
mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya
hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
yaitu  dengan  menggunakan  metode  pembelajaran  Actual  Learning   dengan
menggunakan media benda konkrit. 
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan
metode actual learning mata pelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan
media  benda  konkrit  di  SDN Kaliboto  Kidul  05  Lumajang  ?, 2)  Bagaimanakah
peningkatan hasil  belajar IPS pada siswa kelas  3 dengan metode  actual  learning
dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?
Tujuan pada penelitian ini  adalah:  1)  Untuk menerapkan metode  actual  learning
dalam mata pembelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media benda
konkrit  di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang, 2)Untuk meningkatkan hasil  belajar
IPS pada siswa kelas 3 dengan metode  actual learning menggunakan media benda
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang.