PENERAPAN `METODE ACTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA LINGKUNGAN KELAS 3 SEMESTER GANJIL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT DI SDN KALIBOTO KIDUL 05 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Metode Actual Learning merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran
IPS, yang membawa siswa belajar dengan suasana yang lebih nyaman dan
menyenangkan. Biasanya pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih berpusat
pada buku teks dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran
yang menggunakan metode ceramah dan penugasan dengan pembelajaran yang hanya
berpusat pada guru, siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru.
Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang berminat
mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya
hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Actual Learning dengan
menggunakan media benda konkrit.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan
metode actual learning mata pelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan
media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?, 2) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning
dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode actual learning
dalam mata pembelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media benda
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang, 2)Untuk meningkatkan hasil belajar
IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning menggunakan media benda
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang.