KONSTRUKSI MOTIF ORNAMEN DENGAN DASAR POLIGON MENGGUNAKAN L-SYSTEMS
Abstract
Lindenmayer systems atau sering disebut L-systems adalah suatu sistem
penulisan kembali untuk menggambarkan objek kompleks dengan cara mengganti
suatu aksioma dengan satu atau lebih aturan produksi yang dilakukan secara paralel
dan berulang-ulang. Skripsi ini memiliki tujuan untuk mendapatkan motif ornamen
dengan dasar poligon mengggunakan L-systems secara terkomputerisasi.
Mengkonstruksi motif ornamen menggunakan L-systems dilakukan dalam
beberapa tahap . Tahap pertama adalah membangun penafsiran grafis motif ornamen
dengan L-systems secara manual. Penafsiran grafis secara manual dilakukan dengan
cara menentukan komponen-komponen L-systems yaitu aksioma yang berupa poligon
dan aturan produksinya kemudian mendefinisikan setiap simbol L-systems dalam
dimensi dua, aksioma L-systems yang diberikan lebih dari satu segmen garis sehingga
dalam program nantinya harus menambahkan penamaan sudut dari generasi awal.
Tahap kedua, melakukan penafsiran grafis motif ornamen dengan L-systems secara
matematis berupa perumusan sudut dan perumusan titik. Tahap ketiga, membuat
algoritma program dari penafsiran grafis secara manual dan matematisnya sebagai
acuan pembuatan program konstruksi motif ornamen dengan L-systems. Software
yang digunakan sebagai bantuan pembuatan program adalah Maple 13. Setelah
melakukan tahapan-tahapan tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa L-systems dapat
digunakan untuk mengkonstruksi motif ornamen dengan dasar poligon.
Proses pembuatan motif ornamen dengan L-systems cukup bervariasi
tergantung dari aksioma dan aturan produksinya, variasi yang dihasilkan tersebut
FFFFFZ =
yang merupakan barisan dari titik yang membangun suatu motif, dimana m jumlah titik yang
membangun aksioma, m ≥ 3 dan t adalah jumlah titik yang membangun aturan
produksinya serta n adalah generasi yang akan digunakan.