dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran kopi bubuk
PDP serta mencari formulasi strategi pemasaran kopi bubuk PDP yang dapat
mendatangkan keuntungan optimal bagi Perusahaan Daerah Perkebunan Kabupaten
Jember. Lokasi penelitian di Direksi Perusahaan Daerah Perkebunan Kabupaten
Jember dan beberapa wilayah pemasaran kopi bubuk PDP. Metode penelitian
menggunakan analisis efisiensi pemasaran dan analisis SWOT. Analisis efisiensi
pemasaran menggunakan analisis nilai efisiensi pemasaran, marjin pemasaran, serta
share pedagang. Analisis SWOT untuk mencari posisi usaha kopi bubuk PDP untuk
selanjutnya mencari formulasi strategi pemasaran yang tepat terdiri dari analisis faktor
internal (IFAS), faktor eksternal (EFAS), matriks internal eksternal dan matriks grand
strategy. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi pemasaran kopi bubuk PDP kurang
efisien dan masih dapat lebih ditingkatkan, saluran III sebagai saluran yang paling
efisien namun dari segi volume produk yang didistribusikan hanya 11% dari total
produk. Saluran I merupakan saluran inti dapat mendistribusikan 61% dari total
produk. Analisis SWOT menunjukkan usaha kopi bubuk PDP berada pada posisi
stabilitas dan pertumbuhan dengan rumusan strategi pemasaran konsentrasi melalui
integrasi horizontal, yaitu perusahaan dapat menerapkan strategi melalui perluasan
jangkauan pasar, selain itu perusahaan sebaiknya dapat meminimalkan dampak
fluktuasi harga kopi dengan mempertahankan penggunaan bahan baku milik sendiri.
Penetapan harga produk yang tidak mengikuti fluktuasi harga kopi harus dapat
diimbangi dengan pelayanan yang baik untuk menghindari kehilangan pelanggan.
Implikasi kebijakan dari penelitian ini sebaiknya Perusahaan Daerah Perkebunan
meminimalkan dampak fluktuasi harga kopi dengan mempertahankan penggunaan
bahan baku milik sendiri serta meningkatkan pelayanan perusahaan, selain itu
melakukan koordinasi pelaku pemasaran, sehingga perusahaan dapat mengoordinasi
secara langsung proses pemasaran kopi bubuk PDP. | en_US |