Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Lestari
dc.date.accessioned2014-01-29T00:25:58Z
dc.date.available2014-01-29T00:25:58Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM060210101240
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26835
dc.description.abstractSilabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Silabus dan RPP digunakan oleh guru sebagai pedoman dalam mengajar, seperti yang telah diatur dalam PP No.19 Tahun 2005 Pasal 20. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman, pengembangan serta penggunaan silabus dan RPP matematika yang dilakukan oleh guru di SMP se-Kecamatan Banyuwangi. Penelitian dilakukan di daerah Kecamatan Banyuwangi, dipilih 7 SMP dengan metode purposive sampling area, yaitu 4 SMP Negeri dan 3 SMP swasta. Respondennya adalah guru matematika dari masing-masing sekolah yang dipilih, yaitu ada 17 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi serta angket/kuesioner. Data yang diperoleh meliputi tiga hal yaitu pemahaman guru matematika tentang silabus dan RPP matematika, proses pengembangan silabus dan RPP yang dilakukan guru matematika, dan implementasi silabus dan RPP oleh guru matematika. Data dari ketiga hal tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi yang kemudian dipersentasekan lebih dulu lalu dideskripsikan, selanjutnya disimpulkan untuk setiap permasalahan (pemahaman silabus dan RPP matematika, pengembangan silabus dan RPP Matematika, dan penggunaan silabus dan RPP Matematika). Penelitian telah dilakukan pada tanggal 3-15 Nopember 2010, pada 4 SMP negeri dan 3 SMP swasta di kecamatan Banyuwangi. Hasil penelitian menyatakan bahwa 86% guru matematika SMP Negeri maupun Swasta di kecamatan Banyuwangi, telah mengetahui bagaimana silabus dan RPP yang baik dan benar. Hal ini dilihat dari beberapa kriteria yaitu pengertian silabus dan RPP, komponenkomponen di dalam silabus dan RPP, landasan hukum tentang silabus dan RPP, serta kepemilikan arsip silabus dan RPP. Sisanya 14% responden menjawab kurang mengetahui tentang silabus dan RPP yang baik dan benar. Pengembangan silabus yang dilakukan oleh guru matematika belum begitu maksimal, hanya 11 responden (65%) dari total 17 responden yang mengembangkan silabusnya, 6 responden (35%) menyatakan tidak mengembangkan silabus. Demikian juga halnya dengan pengembangan RPP, masih terdapat kekurangan dalam RPP yang dikembangkan. Hal yang paling mencolok yaitu tentang materi pembelajaran, seharusnya pada setiap RPP yang dibuat harus diuraikan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Penggunaan silabus dan RPP matematika dengan pembelajaran di kelas juga belum maksimal, didapatkan hasil bahwa sekitar 65% (11 responden) yang penggunaan RPP dan silabus matematikanya sesuai dengan pembelajaran di kelas, kemudian 35% (6 responden) penggunaan RPP dan silabusnya tidak sesuai dengan pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh faktor dari guru dan juga dari siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101240;
dc.subjectPengembangan, Implementasi, Silabus, RPPen_US
dc.titlePROFIL PROSES PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SILABUS DAN RPP OLEH GURU MATEMATIKA DI SMP SE-KECAMATAN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record