• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN NILAI TEMPAT DENGAN PERMAINAN LOLIPOP DI KELAS II SDN KARANGREJO 02 KECAMATAN SUMBERSARI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-diahpratiw-5442-1-diahpra-.a_1.pdf (365.4Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    DIAH PRATIWINING TIAS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan media pembelajaran dalam rangka menjelaskan materi dapat mempermudah pemahaman materi bagi siswa sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat konkrit. Media memberikan manfaat kepada siswa untuk memperjelas topik yang dibahas, memberikan contoh konkrit, mengatasi keterbatasan pengetahuan sehingga memecahkan permasalahan yang dibahas. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda( Lolipop ), (2) untuk meningkatkan hasil belajar yang dicapai siswa Kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda(Lolipop ). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II Semester ganjil SDN Karangrejo 2 tahun pelajaran 2010/2011, siswa di kelas tersebut memiliki nilai hasil belajar yang rendah. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai tes formatif dari kelas II. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposif area yaitu SD Negeri Karangrejo 2 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: (1) metode observasi; (2) metode wawancara; (3) metode tes; (4) metode dokumentasi. Berdasarkan analisal hasil belajar siswa di atas dapat diperoleh data bahwa terdapat 47% siswa sudah tuntas, dan sebanyak 53% siswa belum mencapai ketuntasan dengan rerata 64,72 . Hal tersebut berarti secara klasikal pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar dan perlu dilakukan refleksi untuk selanjutnya dilakukan siklus II. Pembelajaran matematika dengan alat peraga LOLIPOP pada siklus I belum menunjukkan ketuntasan belajar karena siswa belum menunjukkan keaktian yang signifikan. Hal tersebut dapat juga diperhatikan pada grafik aktifitas belajar siswa yang cenderung kurang menunjukkan prosentase sangat aktif dan aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26818
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository