• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PE NERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LKS BILINGUAL BERBASIS WEB SISTEM PERSAMAAN SMA NEGERI 1 NERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN LKS BILINGUAL BERBASIS WEB SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN KUADRAT KELAS X SMA NEGERI 1 SUMENEP SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    A (160)x_1.pdf (462.9Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Ika Fajrin Aisyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang didorong untuk berstandar nasional. Dorongan itu bahkan tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi : “Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional”. Penyelenggaraan satuan pendidikan yang bertaraf internasional melalui pengembangan SSN menjadi RSBI atau SBI. Pembelajaran dalam RSBI atau SBI merupakan pembelajaran bilingual dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. SMA Negeri 1 Sumenep merupakan rintisan sekolah bertaraf internasional, namun hasil belajar dan aktivitas siswa kelas RSBI belum merata. Ada beberapa siswa yang menonjol dalam pelajaran, namun ada juga beberapa yang tidak begitu aktif dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini akan diterapkan pembelajaran kooperatif menggunakan media LKS bilingual dipadukan dengan media pembelajaran berbantuan komputer yang diintegrasikan dengan internet sehingga menjadi LKS bilingual berbasis web. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X7 RSBI SMA Negeri 1 Sumenep semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan LKS bilingual berbasis web; (2) mengkaji aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan LKS bilingual berbasis web; (3) menganalisis ketuntasan hasil belajar siswa; dan (4) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus dilaksanakan observasi aktivitas guru dan siswa serta tes akhir sebagai alat ukur tingkat pencapaian hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Analisis pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa. Pada siklus I, terdapat 2 siswa (5%) tergolong sangat baik aktivitasnya, 11 siswa (31%) tergolong baik, 21 siswa (58%) tergolong cukup baik, 1 siswa (3%) tergolong kurang baik, dan 1 siswa (3%) tergolong kurang sekali. Pada siklus II terdapat 4 siswa (11%) tergolong sangat baik aktivitasnya, 24 siswa (67%) tergolong baik, dan 8 siswa (22%) yang tergolong cukup baik. Untuk siklus II tidak ada siswa yang aktivitasnya tergolong kurang baik dan kurang sekali. Sedangkan analisis hasil observasi aktivitas guru meningkat dari kategori baik (86,66%) menjadi sangat baik (100%). Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan jumlah siswa dalam setiap interval nilai hasil belajar siswa. Pada siklus I, dari 36 orang siswa terdapat 1 orang (3%) berada pada interval nilai 71-76, sedangkan pada siklus II tidak ada siswa pada interval nilai tersebut. Pada interval nilai 77-82 juga tampak perubahan. Pada siklus I terdapat 10 orang (28%), sementara pada siklus II menjadi 4 orang (11%). Pada interval nilai 83-88, siklus I terdapat 11 orang siswa (30%) berada pada interval nilai tersebut, sedangkan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (6%). Untuk interval nilai 89-94, terdapat 5 orang (14%) pada siklus I sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 19 orang (53%). Hal yang sama juga terjadi pada interval nilai 95-100, pada siklus I terdapat 9 orang (25%) tetapi pada siklus II meningkat menjadi 11 orang (30%).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26814
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository