• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) POKOK BAHASAN TURUNAN FUNGSI SISWA KELAS XI IPS 1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2007/2008

    Thumbnail
    View/Open
    A (128)a_1.pdf (508.0Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    I’IF SYARIFAH ITSMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Kooperatif Teknik Learning Together (LT) dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) merupakan suatu teknik pembelajaran yang dirancang agar setiap siswa terlibat dalam pembelajaran saling bekerja sama satu sama lain dan tanggung jawab saling membantu sesama teman dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan masalah, guru menggunakan media TTS sebagai daya tarik siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Sehingga siswa diharapkan dapat termotivasi untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kooperatif teknik Learning Together (LT) dengan media Teka-Teki Silang (TTS) sebagai daya tarik siswa belajar, aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung serta ketuntasan belajar siswa. Pengambilan data ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada tanggal 16 Mei 2008 sampai dengan 6 Juni 2008. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif teknik Learning Together (LT) dengan media Teka-Teki Silang (TTS) ini dapat memberikan motivasi siswa untuk belajar. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ini yaitu kelas yang gaduh dan siswa yang masih sulit untuk berdiskusi dalam kelompok sehingga guru perlu memberikan bimbingan yang lebih pada siswa. Penerapan pembelajaran ini berdampak positif terhadap aktivitas siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Hal ini rata-rata siswa untuk listening activities, oral activities dan writing activities pada setiap pertemuan dari setiap siklusnya meningkat. Rata-rata persentase aktivitas siswa selama pembelajaran untuk masing-masing aktivitas yaitu 30,21%, 59,81% dan 42,56%. Sedangkan persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I yaitu 90% dan pada siklus II yaitu 97,5%, hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26793
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository