• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA EMAIL GROUP DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    A (124)A_1.pdf (688.1Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    IHSANUL FIKRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya motivasi belajar dan kemandirian siswa kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember pada mata pelajaran ekonomi terlihat dari kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran dan menurunnya kepercayaan diri siswa dalam belajar. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode dan media yang masih konvensional secara terus menerus tanpa divariasikan dengan media lain. Hal tersebut mengakibatkan kejenuhan pada diri siswa. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan media yang lebih fresh dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman untuk meningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa yaitu dengan penggunaan medi Email Group. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan media Email Group dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa, serta bagaimana peningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa melalui penggunaan media Email Group dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasiBerdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Email Group terbukti dapat membantu peningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember dalam proses mengajar. Peningkatan motivasi belajar selama melakukan observasi dan penelitian sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah menjadi tinggi, Kemudian pada kemandirian siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan dan sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah menjadi tinggi, sehingga telah menunujukkan bahwa masing-masing indikator motivasi belajar dan kemandirian siswa mengalami peningkatan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu kepada guru mata pelajaran ekonomi kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember untuk terus menggunakan media pembelajaran Email Group karena telah terbukti bahwa media Email Group menjadi media pembelajaran alternatif atau variasi media untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa sehingga, target pembelajaran dapat tercapai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26787
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15428]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository