PENGGUNAAN MEDIA EMAIL GROUP DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA
Abstract
Rendahnya motivasi belajar dan kemandirian siswa kelas XI Pemasaran 4 SMK
PGRI 05 Jember pada mata pelajaran ekonomi terlihat dari kurangnya minat dan
perhatian siswa terhadap pelajaran dan menurunnya kepercayaan diri siswa dalam
belajar. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode dan media yang masih
konvensional secara terus menerus tanpa divariasikan dengan media lain. Hal tersebut
mengakibatkan kejenuhan pada diri siswa. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan media
yang lebih fresh dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman
untuk meningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa yaitu dengan penggunaan
medi Email Group.
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan media Email Group
dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian
siswa, serta bagaimana peningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa melalui
penggunaan media Email Group dalam pembelajaran ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05
Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS Ekonomi.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasiBerdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media
pembelajaran Email Group terbukti dapat membantu peningkatan motivasi belajar dan
kemandirian siswa kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember dalam proses mengajar.
Peningkatan motivasi belajar selama melakukan observasi dan penelitian sudah mencapai
target yaitu dari kriteria rendah menjadi tinggi, Kemudian pada kemandirian siswa dalam
belajar juga mengalami peningkatan dan sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah
menjadi tinggi, sehingga telah menunujukkan bahwa masing-masing indikator motivasi
belajar dan kemandirian siswa mengalami peningkatan.
Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu kepada guru mata pelajaran
ekonomi kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember untuk terus menggunakan media
pembelajaran Email Group karena telah terbukti bahwa media Email Group menjadi
media pembelajaran alternatif atau variasi media untuk meningkatkan motivasi belajar
dan kemandirian siswa sehingga, target pembelajaran dapat tercapai.