dc.description.abstract | Sumber belajar yang masih memegang peran penting dan paling banyak
digunakan adalah buku teks. Buku teks sangat penting dan fungsional bagi setiap
mata pelajaran di sekolah. Hampir setiap matapelajaran memerlukan minimal satu
buku teks yang berkualitas dan relevan. Beberapa tahun terakhir ini telah banyak
diterbitkan buku teks bilingual di Indonesia yang merupakan tuntutan penyediaan
buku teks bagi sekolah-sekolah dengan kelas bilingual. Buku teks matematika
bilingual juga telah diterbitkan dan telah digunakan dalam pembelajaran
matematika di kelas bilingual.
Buku teks matematika yang berkualitas, jelas akan meningkatkan kualitas
pengajaran matematika. Hal ini juga berlaku untuk buku teks matematika
bilingual. Evaluasi terhadap buku teks matematika bilingual dapat dilakukan
dengan menggunakan empat kriteria evaluasi buku teks menurut Bell. Bell
menyatakan terdapat empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk
mengevaluasi buku pelajaran matematika yaitu: (a) kriteria yang berhubungan
dengan materi matematika, (b) kriteria yang berhubungan dengan metode
penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan
(d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru.
Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Mathematics For
Junior High School Grade VIII 1
st
Semester (Bilingual) yang ditulis oleh M.
Cholik Adinawan dan Sugijono terbitan Erlangga pada tahun 2010 dengan
menggunakan kriteria Bell. Buku tersebut merupakan buku teks matematika
bilingual untuk kelas VIII yang telah digunakan di kelas bilingual. Selain itu,
st
buku tersebut juga menggunakan Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) 2006 yang berlaku sampai saat ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendeskripsian pada
penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran dan penilaian secara
menyeluruh mengenai kesesuaian Buku Mathematics For Junior High School
Grade VIII 1
st
Semester (Bilingual) berdasarkan kriteria Bell. Data pada penelitian
ini adalah data kesesuaian buku teks matematika bilingual berdasarkan kriteria
Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan
adalah Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell, Lembar
Validasi Bahasa Instrumen Pertanyaan dan Lembar Validasi Instrumen Analisis
Kesesuaian Buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data
kesesuaian buku.
Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai rerata total untuk semua
kriteria (Va) adalah 3,63, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Pada
kategori sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu
dilakukan validasi kembali. Sehingga instrumen Lembar Analisis Kesesuaian
Buku berdasarkan kriteria Bell sudah dapat digunakan dalam penelitian.
Setelah data hasil pengamatan kesesuaian buku didapatkan, kemudian
dianalisis sesuai metode analisis data. Hasil perhitungan persentase kesesuaian
materi matematika dalam buku terhadap kriteria Bell adalah 88,33% atau
berkategori sangat baik. Persentase kesesuaian metode penyampaian materi dalam
buku adalah 54,29% atau berkategori cukup. Persentase kesesuaian karakteristik
fisik buku adalah 90,91% atau berkategori sangat baik dan persentase kesesuaian
petunjuk untuk guru pada buku adalah 47,37% atau berkategori cukup | en_US |