• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR UNTUK MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 01 KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (160)FKIP_1.pdf (378.9Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Mila Fariani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta yang terjadi di SDN Karangrejo 01 bahwa guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan berceramah dan memberi tugas, media pembelajarannya juga belum lengkap. Guru selalu mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai hasilnya siswa sekedar memperoleh informasi dan kemudian menghafalnya, padahal mengajar bukan lagi menyampaikan pengetahuan melainkan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam proses memperoleh informasi dan mengaitkan dengan apa yang telah dimiliki siswa sehingga diharapkan siswa itu memahami dan memaknai dengan baik pengetahuan di dalam pikirannya. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Media Puzzle merupakan sebuah media yang berupa potongan-potongan gambar yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPS merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang memungkinkan fungsi dan peran IPS terwujud, juga akan menarik dan mendorong siswa aktif dalam mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimana problema penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air?, (2) bagaimana besar pemecahan masalah persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air untuk media puzzle?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air, (2) Untuk mengetahui besarnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air untuk media puzzle. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV media puzzle yang terdiri dari 29 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29 November 2010 sampai dengan 08 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Pada siklus I, persentase hasil belajar siswa mencapai 65% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,07%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75,86%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,10% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air. Peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,86% dan ketuntasannya sebesar 31,03%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26761
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository