• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL FIGHTING QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (16)a_1.pdf (1.100Mb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Muhammad Yanuar Iqbal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas belajar siswa kelas X-3 SMA N 1 Kencong dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Hal ini dikarenakan selama ini guru telah berusaha menggunakan variasi pembelajaran tetapi hasilnya belum maksimal. Hal ini sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran fighting questions menjadi sangat diperlukan. Penggunaan model pembelajaran fighting questions diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi. Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Memperbaiki proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif Model Fighting Questions pada mata pelajaran ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Kegiatan Ekonomi kelas X-3 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013 ; 2) Meningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif Model Fighting Questions pada mata pelajaran ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Kegiatan Ekonomi kelas X-3 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013 vii Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 SMA N 1 Kencong. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui presentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 66,67% (kategori aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,74 % (kategori sangat aktif). Hasil penelitian ini menunjukkan dengan Penerapan model pembelajaran fighting questions dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi agar model pembelajaran fighting questions dapat dijadikan sebagai alternatif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas guna meningkatkan aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26742
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository