PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan observasi awal
adalah pembelajaran yang tidak efektif, guru dalam menyampaikan materi masih
menggunakan metode yang konvensional, kurangnya media pembelajaran yang
mendukung, serta siswa belum mampu menulis kalimat sederhana dengan benar.
Berdasarkan masalah yang ditemukan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah
pembelajaran adalah memanfaatkan media gambar sebagai alat bantu pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan mdia gambar
yang dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN
Mangli 01 Jember, bagaimanakah hasil peningkatan pemblajaran menulis kalimat
sederhana siswa kelas II SDN Mangli 01 setelah menggunakan media gambar.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan
media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana bagi
siswa kelas II SDN mangli 01 Jember, mendeskripsikan hasil kemampuan menulis
kalimat sederhana siswa kelas II SDN Mangli 01 setelah menggunakan media
gambar.
Penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana dapat
dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
sederhana dipapan tulis;
vii
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan
data kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh dari penerapan media gambar dalam pembelajaran
kemampuan menulis kalimat sederhana. Melalui media gambar, kemampuan siswa
dalam menulis kalimat saderhana meningkat. Siswa mampu menulis kalimat
sederhana dengan benar sesuai dengan stuktur kalimat sederhana. Kemampuan siswa
setelah mengikuti pembelajaran media gambar meningkat, tingkat ketuntasan siswa
pada siklus I mencapai 54%. Pada siklus II meningkat menjadi rerata 85%.
Peningkatan tingkat ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa
secara klasikal media gambar berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran
berlangsung.
Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan
minatnya terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar sebagai
media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampauan siswa
dalam menulis kalimat sederhana dan memotivasi siswa untuk berkarya.