• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Bernuansa Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan untuk Masalah pada Pokok Bahasab Himpunan pada Siswa Kelas VII B Semester Genap SMP NEGERI 12 Jember Tahun Ajaran 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (87)a_1.pdf (576.3Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Vivin Dwi Suyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran creative problem solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada ketrampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreatifitas. Dengan penerapan model pembelajaran ini, diharapkan ketika siswa dihadapkan dalam suatu permasalahan, siswa dapat melakukan ketrampilan pemecahan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengkaji penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) bernuansa komik pada pokok bahasan himpunan pada siswa kelas VII B semester genap SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2008/2009, 2) mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) bernuansa komik pada pokok bahasan himpunan pada siswa kelas VII B semester genap SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2008/2009, dan 3) mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) bernuansa komik pada pokok bahasan himpunan pada siswa kelas VII B semester genap SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2008/2009. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2008/2009 dengan 45 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes. Aktifitas siswa yang diamati adalah aktifitas dalam pemecahan masalah serta dalam diskusi dan presentasi. Pengambilan data untuk penelitian ini dilakukan mulai tanggal 2 Februari 2009-21 Februari 2009. Berdasarkan hasil analisa data baik secara observasi maupun wawancara, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) bernuansa komik dapat berjalan dengan lancar. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sebagian besar siswa dapat berperan aktif baik dalam pengerjaan tahap- tahap pemecahan masalah maupun dalam kegiatan diskusi dan presentasi. Siswa terlihat tertarik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara, hal tersebut salah satunya dikarenakan oleh ketertarikan siswa dengan LKS yang dikemas dalam bentuk komik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan aktifitas pemecahan masalah siswa sebesar 9,31% dengan rincian pada tahap pengklarifikasian masalah mengalami peningkatan sebesar 17%, pada tahap mengungkapkan gagasan peningkatan sebesar 11%, pada tahap implementasi, tidak mengalami peningkatan, pada tahap memeriksa kembali (look back) masalah mengalami peningkatan sebesar 8%, sedangkan aktifitas siswa dalam diskusi dan presentasi juga mengalami peningkatan sebesar 9,73%, dengan rincian pada tahap mengungkapkan pendapat saat diskusi mengalami peningkatan sebesar 18%, pada tahap bertanya mengalami peningkatan sebesar 11,4%, pada tahap menjawab pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 6,6%, pada tahap presentasi mengalami peningkatan sebesar 3%. Selain itu, penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) bernuansa komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. sebesar 4,66%, serta dalam dua siklus pembelajaran dengan model pembelajaran ini, terjadi peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar yaitu sebesar 13,33%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26697
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository