STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA SENYUM MEDIA STATIONERY JEMBER
Abstract
Senyum media stationery Jember merupakan sebuah perusahaan yang
menawarkan berbagai macam produk-produk alat tulis dan perlengkapan kantor,
komputer, peralatan rumah tangga, kosmetik dan lain sebagainya dengan menerapkan
konsep swalayan, grosir dan pesan antar dalam pelayanannya. Senyum media
stationery Jember tidak memiliki divisi khusus dalam bidang public relations, tetapi
diwaliki oleh customer service dengan menjalankan komunikasi terhadap publik
sasaran. Melalui customer service senyum media stationery Jember menjalankan
aktivitas public relations untuk membina hubungan baik dengan publik sasaran dalam
meningkatkan citra perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi public
relations dalam upaya meningkatkan citra perusahaan pada senyum media stationery
Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan paradigma data kualitatif. Tahap analisis data digunakan anal isis domain dan
taksonomi dengan menggunakan metode snowball sampling. Penarikan kesimpulan
pada penelitian dilakukan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi public relations dalam upaya meningkatkan citra perusahaan yaitu dengan
strategi jangka panjang dan jangka pendek.
Strategi Public relations pada Senyum Media Stationery Jember dalam upaya
meningkatkan citra perusahaan dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
1
waktu 5 tahun. Strategi public relations jangka panjang Senyum Media
Stationery meliputi:a
teknologi dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam memberikan
pelayanan berbasis teknologi bagi para pelanggan dan
konsumennya.contohnya adalah dengan membuat kartu pelanggan
b
lagi struktur bangunan dalam beberapa tahun kedepan, dengan tujuan
memberikan kenyamanan dan keleluasaan kepada konsumen yang
berbelanja. Senyum media stationery juga akan menggunakan konsep one
stop shopping pada bangunan baru tersebut dengan membagi menjadi
beberapa unit usaha seperti alat tulis, perlengkapan kantor, komputer, alat alat
rumah
tangga,
produk-produk
kosmetik
dan
lain
sebagainya.
2
berkelanjutan untuk mendukung rencana strategi jangka panjang perusahaan
senyum media stationery. Strategi public relations jangka pendek ini
diorientasikan untuk jangka waktu 1 tahun. Strategi public relations jangka
pendek senyum media stationery meliputi:
Senyum media stationery Jember terus menghadirkan berbagai macam
produk-produk baru yang berkualitas yang akan ditawarkan kepada
konsumen untuk meningkatkan citranya
Menyampaikan informasi-informasi terkait dengan produk-produk yang
ditawarkan kepada khalayak. Informasi ini disampaikan melalui media, baik
elektronik maupun cetak yaitu melalui situs internet pada website
www.senyummedia.com, radio Prosanila 101.5 FM.