PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR IPA (PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT KELAS III SEMESTER I SDN KERTONEGORO 02 JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
Abstract
Kegiatan pembelajaran di SDN Kertonegoro 02 kurang meningkatkan
kreativitas siswa, terutama dalam pembelajaran IPA sehingga aktivitas dan hasil
belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas III dalam kegiatan
pembelajaran masih berpusat pada guru, sebagian besar aktivitas pembelajaran
dilakukan oleh guru, dan metode pembelajarannya hanya dengan ceramah yang
diselingi dengan tanya jawab tentang materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini
berdampak pada hasil belajar IPA siswa yang masih terbilang kurang maksimal. Oleh
karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu
dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan
materi maupun karakteristik siswa.
Metode outdoor digunakan dalam penelitian ini untuk membangun suasana
belajar yang semula berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa, sehingga dapat
membuat siswa lebih berminat untuk mempelajari pelajaran IPA, siswa mengetahui
bahwa IPA bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan dapat diterapkan dalam
memecahkan masalah kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode outdoor pada Pokok
Bahasan Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat Kelas III Semester I SDN
Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk
meningkatkan hasil belajar Kelas III Semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui metode outdoor.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III semester I SDN Kertonegoro 02
Jenggawah Kabupaten Jember yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5
kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang
dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 4
Desember 2010 sampai dengan 15 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa
kelas III semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember. Data yang
dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar
siswa sebesar 49,17% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar
68,61% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
66,33% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus II, hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 75,83%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar
93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember.
Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III semester I SDN
Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember dengan penerapan metode outdoor
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan Aktivitas dari siklus I
ke siklus II sebesar 19,44% sedangkan peningkatan hasil belajanya sebesar 9,50%
dengan tingkat ketuntasan sebesar 33,33%.