• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE JIGSAW PADA SUB POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DI KELAS IV SDN JELBUK 01 KECAMATAN JELBUK, KABUPATEN JEMBER SEMESTER I, TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (93)a_1.pdf (277.4Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    VIVI ROSDIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4–5 orang dengan memperhatikan keheterogenan, bekerja sama positif dan setiap anggota bertanggungjawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jelbuk 01, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember dalam pelajaran IPS tentang keanekaragaman kenampakan alam dengan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan tipe Jigsaw. Hasil penelititan menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berjalan dengan baik, siswa terlihat senang, aktif, dan antusias karena dalam proses belajar mengajar dan melatih siswa berani mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan kemampuan yang diberikan guru dalam memahami materi yang disampaikan. Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam sub pokok bahasan keanekaragaman kenampakan alam di kelas IV A SDN Jelbuk 01, Jelbuk, Jember. Hal ini terbukti dari analisis hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Hasil analisis data observasi siswa menunjukkan persentase ketercapaian tingkah laku yang positif terhadap pembelajaran keanekaragaman kenampakan alam dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw yang terus meningkat baik secara kalsikal dan individu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26689
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository