PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE JIGSAW PADA SUB POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DI KELAS IV SDN JELBUK 01 KECAMATAN JELBUK, KABUPATEN JEMBER SEMESTER I, TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif,
siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4–5 orang dengan
memperhatikan keheterogenan, bekerja sama positif dan setiap anggota
bertanggungjawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan
dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
IV SDN Jelbuk 01, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember dalam pelajaran IPS
tentang keanekaragaman kenampakan alam dengan model pembelajaran
kooperatif dengan menggunakan tipe Jigsaw. Hasil penelititan menunjukkan
bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berjalan dengan baik, siswa terlihat
senang, aktif, dan antusias karena dalam proses belajar mengajar dan melatih
siswa berani mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan
kemampuan yang diberikan guru dalam memahami materi yang disampaikan.
Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw dalam proses
belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan
kenampakan alam sub pokok bahasan keanekaragaman kenampakan alam di kelas
IV A SDN Jelbuk 01, Jelbuk, Jember. Hal ini terbukti dari analisis hasil belajar
siswa yang mengalami peningkatan. Hasil analisis data observasi siswa
menunjukkan persentase ketercapaian tingkah laku yang positif terhadap
pembelajaran keanekaragaman kenampakan alam dengan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw yang terus meningkat baik secara
kalsikal dan individu.