PENGARUH BAURAN PEMASARAN YANG MEMBEDAKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE MEREK NOKIA DAN SAMSUNG DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Bauran Pemasaran merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar
dicari kombinasi maksimal sehingga dapat mendatangkan hasil yang paling
memuaskan, terdapat empat komponen yang mencakup dalam kegiatan bauran
pemasaran yaitu meliputi produk, harga, distribusi dan promosi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang membedakan dalam pembelian
produk handphone merek Nokia dan Samsung Kecamatan Sumbersari dan
untuk mengetahui variabel dominan membedakan dalam keputusan pembelian untuk
pembelian produk handphone merek Nokia dan Samsung di Kecamatan Sumbersari.
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data berdasarkan rangkaian
waktu (time series). Penelitian ini merupakan metode penelitian survey, Penelitian ini
penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research, yaitu penelitian yang
menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel dalam penelitian. Alat analisis
yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan. Hasil studi
menunjukkan bahwa variabel yang secara signifikan membedakan dalam pembelian
produk handphone merek Nokia atau Samsung di Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember adalah produk, harga, promosi dan saluran distribusi, variabel produk
merupakan variabel yang dominan untuk membedakan keputusan konsumen dalam
membeli produk handphone merek Nokia atau Samsung di Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember.