FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)
Abstract
Informasi laba merupakan sesuatu yang paling dipertimbangkan oleh investor
untuk mengambil keputusan apakah akan melakukan investasi atau tidak, apakah
akan menjual saham yang dimilikinya atau tidak (Halim, 2005:37). Pengukur
besarnya kekuatan harga saham dalam menanggapi laba akuntansi disebut ERC
(earning response coefficients). Dasar pemikiran ERC adalah bahwa investor
memiliki perhitungan ekspektasi laba jauh hari sebelum laporan dikeluarkan.
Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan
yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII), hal ini dikarenakan meningkatnya
entitas syariah di Indonesia yang didukung dengan telah diterbitkannya PSAK
Syariah yaitu, PSAK 101-106 disahkan tangal 27 Juni 2007 dan berlaku mulai
tanggal 1 Januari 2008. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa
neraca dan laporan laba rugi perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)
periode tahun 2008 sampai 2010. Sampel yang diambil ditentukan dengan
menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah sebanyak 19 perusahaan dikali dengan tahun pengamatan selama
3 tahun menjadi 57. Variabel yang digunakan yaitu persistensi laba, pertumbuhan
laba, besaran perusahaan, struktur modal. Variabel-variabel ini merupakan variabel
yang dapat mempengaruhi kualitas laba atau ERC.
Hasil dari penelitian ini, diperoleh bahwa terdapat 2 variabel yang
berpengaruh signifikan terhadap ERC yaitu variabel PLTA dan BP, sedangkan
variabel PSTA dan SM tidak berpengaruh signifikan terhadap ERC.