ANALISIS PERBEDAAN RESPONSI DAN PERILAKU KONSUMEN BERDASARKAN FREKUENSI BELANJA TERHADAP BAURAN PEMASARAN RITEL PADA KPRI KARYA UTAMA TEGALDLIMO BANYUWANGI
Abstract
Respon konsumen memainkan peranan utama dalam membentuk perilaku,
dimana respon terhadap produk sering mempengaruhi perilaku pembelian. Respon
positif terhadap produk tertentu akan memungkinkan konsumen melakukan
pembelian terhadap produk itu, dan sebaliknya respon negatif akan menghalangi
konsumen dalam melakukan pembelian. Adanya respon yang positif akan
membedakan kelompok konsumen dalam melakukan perilaku pembelian terhadap
suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan
menganalisis perbedaan responsi dan perilaku konsumen berdasarkan frekuensi
belanja terhadap bauran pemasaran ritel yang diterapkan pada KPRI Karya
Utama.
Populasi di dalam penelitian ini adalah konsumen
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan responsi dan perilaku
antara konsumen yang diukur dengan frekuensi berbelanja baik konsumen yang
sering berbelanja dengan konsumen yang jarang berbelanja di toko KPRI Karya
Utama. Variabel pembeda terbesar dengan frekuensi berbelanja adalah lokasi
toko. Jadi lokasi toko menjadi pertimbangan yang paling utama yang
membedakan frekuensi belanja antara konsumen yang sering berbelanja dan
konsumen yang jarang berbelanja.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan responsi dan
perilaku konsumen berdasarkan frekuensi belanja terhadap bauran pemasaran ritel
yang diterapkan pada KPRI Karya Utama Tegaldlimo Banyuwangi.