PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY (Pada Mata PelajaranBiologi Sub KonsepPencemaranLingkungandanPembuatanProdukDaurUlang, Kelas X Semester GenapTahunPelajaran 2011/2012 di SMAN 1 Jember)
Abstract
Model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan
model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa.
Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk
mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di lingkungan sekitar. Selain itu
juga mengajak peserta didik untuk mengembangkan dan menyusun ide-ide serta
gagasan mereka sendiri, dan cara mereka memadukan ide-ide dan gagasan akan
tergantung pada pengetahuan awal yang mereka miliki (Levinson, 1994:98).
Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada sub topik pencemaran lingkungan
dan pembuatan produk daur ulang karena materi yang dipelajari berkaitan dengan
lingkungan di sekitar siswa sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
CLIS terhadap aktivitas siswa yang berupa oral activity, writing activity, motor
activity, dan mental activity. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar siswa yang berupa
kognitif, afektif, dan psikomotor.