Show simple item record

dc.contributor.authorMiftahul Roifah
dc.date.accessioned2014-01-28T20:34:16Z
dc.date.available2014-01-28T20:34:16Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080210204024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26568
dc.description.abstractObservasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Glagahwero 01 masih rendah. Dari segi metode yang digunakan oleh guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan. Selain itu siswa jarang sekali mendapatkan kesempatan untuk melakukan percobaan atau pengamatan dalam rangka menemukan sendiri informasi. Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Dengan demikian metode discovery merupakan alternatif yang cocok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Glagahwero 01 pokok bahasan gaya tahun pelajaran 2011/2012. Metode penemuan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Glagahwero 01 pokok bahasan gaya tahun pelajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimana siklus II merupakan pemantaban dari siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran yang menggunakan metode discovery sangat baik, pelaksanaan ditiap siklusnya menunjukan peningkatan. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 66,33% meningkat menjadi 78,33% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai ke akhir siklus yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,3, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 73. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa kelas IV meningkat lagi menjadi 79. Kesimpulan dari peneltian ini adalah penerapan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya pada siswa kelas IV SDN Glagahwero 01 tahun pelajaran 2011/2012. Disarankan bagi guru agar lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204024;
dc.subjectPeningkatan, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa, Dalam, Mata Pelajaran IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SDN GLAGAHWERO 01 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record