dc.description.abstract | Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas
IV SDN Glagahwero 01 masih rendah. Dari segi metode yang digunakan oleh guru,
metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan. Selain itu
siswa jarang sekali mendapatkan kesempatan untuk melakukan percobaan atau
pengamatan dalam rangka menemukan sendiri informasi. Pembelajaran IPA
menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk
mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam
sekitar secara ilmiah. Dengan demikian metode discovery merupakan alternatif yang
cocok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Glagahwero 01 pokok bahasan gaya tahun pelajaran 2011/2012. Metode penemuan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Glagahwero 01 pokok bahasan gaya
tahun pelajaran 2011/2012.
Desain penelitian yang digunakan adalah PTK. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu
siklus I dan siklus II, dimana siklus II merupakan pemantaban dari siklus I.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran yang menggunakan metode discovery sangat baik, pelaksanaan ditiap
siklusnya menunjukan peningkatan. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siswa
sebesar 66,33% meningkat menjadi 78,33% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai ke akhir siklus yaitu siklus II.
Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,3, kemudian meningkat pada
siklus I menjadi 73. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa kelas IV meningkat
lagi menjadi 79.
Kesimpulan dari peneltian ini adalah penerapan metode discovery dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya pada siswa kelas
IV SDN Glagahwero 01 tahun pelajaran 2011/2012. Disarankan bagi guru agar lebih
aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak
kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran. | en_US |