IMPLEMENTASI STRATEGI BUNDLING PADA TELKOMSEL JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi bundling pada telkomsel
jember. Penelitian di lakukan di kantor grapari Telkomsel Jember tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui implementasi strategi bundling pada Telkomsel Jember. Penelitian ini
dilaksanakan selama dua bulan menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan
secara kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis domain dan taksonomi.
Analisis domain pada penelitian ini merupakan gambaran umum perusahaan yang meliputi
sejarah perusahaan, visi dan misi, lokasi, analisis pesaing industri, dan analisis internal serta
eksternal perusahaan. Sedangkan analisis taksonomi yaitu implementasi strategi bundling
perusahaan.
Hasil penelitian ini adalah strategi bundling yaitu product bundling dan price bundling
dalam meningkatkan penjualan produk ataupun jasa layanan dari perusahaan Telkomsel
GraPARI Jember. Product Bundling itu sendiri yaitu menyatukan product menjadi satu paket
dengan harapan konsumen bisa lebih dimudahkan dalam membeli product yang diinginkan.
Artinya, yang dikejar oleh kedua product ini adalah untuk menciptakan tingkat penjualan dan
tingkat profit yang lebih besar dari pada bila kedua produk ini dijual secara terpisah. Sedangkan
yang di maksud dengan Price bundling adalah penjualan dua atau lebih produk yang berbeda
dalam satu paket harga yang di diskon dengan aspek harga yang lebih ditonjolkan. Apabila
suatu penawaran dari beberapa produk yang tidak terintegrasi maka tingkat harga akan lebih
rendah bila ditawarkan secara terpisah.