• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP PERILAKU PASCAPEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG” (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010, 2011,2012 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (144)FKIP_1.pdf (568.1Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    MIFTAHUL FUAD
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    “Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Perilaku Pascapembelian Handphone SAMSUNG” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010, 2011 dan 2012 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember)”. Miftahul Fuad, 080210391026; 2013: 58 halaman; Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi positioning terhadap perilaku pascapembelian konsumen handphone SAMSUNG. Variabel independen yang diteliti yaitu; atribut produk (X vii 1 ), manfaat produk (X ), pemakai produk (X 3 ), harga produk (X ) dengan variabel dependen yaitu perilaku pascapembelian yaitu; kepuasan, rekomendasi dan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh yang signifikan dari variabel positioning (atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk) terhadap perilaku pascapembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel manakah dari positioning (atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pascapembelian konsumen. 4 Populasi penelitian adalah mahasiswa/i Pendidikan Ekonomi angkatan 2010, 2011 dan 2012 yang menggunakan handphone SAMSUNG yakni sebanyak 56 mahasiswa, maka peneliti menggunakan semua responden penelitian dengan pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah responden minimal dalam penelitian (n=30). Variabel yang diteliti adalah atribut produk (X ), manfaat produk (X 2 ), pemakai produk (X 3 ), harga (X ) dan perilaku pascapembelian konsumen (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda. 4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 3,575 + (0,882)X 1 + (0,446)X 2 + (0,487)X 3 + (0,349)X 4 + e i 1 2 Seluruh variabel independen memiliki korelasi yang searah dengan variabel dependen sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk terhadap perilaku pascapembelian handphone Samsung. Hasil uji F atau simultan diperoleh F sebesar 44,152 dan F sebesar 2,553 maka (44,152 ≥ 2,553) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel atribut produk diperoleh t tabel hitung sebesar 5,896 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (5,896 ≥ 2,003), variabel manfaat produk diperoleh t tabel viii hitung sebesar 2,789 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,789 ≥ 2,003), variabel pemakai produk diperoleh t hitung sebesar 2,944 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,944 ≥ 2,003), variabel harga produk diperoleh t tabel hitung sebesar 2,360 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,360 ≥ 2,003). Dengan menggunakan koefisien beta dapat diperoleh persentase besarnya pengaruh yang diberikan oleh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat yakni atribut produk sebesar 40,13%, manfaat produk 13,76%, pemakai produk sebesar 16,46% dan harga produk sebesar 7,22%. hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variable atribut produk (X tabel ) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian (Y). Koefisien determinasi R 2 (R square) digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh simultan dari variabel bebas terhadap variabel terikat, maka diperoleh nilai koefisien determinasi R 2 sebesar 0,776 atau 77,6% terhadap naik turunnya perilaku pascapembelian, sisanya sebesar 22,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi positioning memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen pascapembelian handphone SAMSUNG dan variabel atribut produk (X ) adalah variabel dari positioning yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pascapembelian handphone SAMSUNG.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26566
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository