• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS FISIKA PADA KELAS MODEL DI SMP NEGERI 1 PURWOHARJO BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (125)FKIP_1.pdf (466.4Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    M. Gufron Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan pasar bebas menuntut masyarakat untuk mengembangkan pendidikan dalam memenuhi kebutuhan kerja. Dalam dunia pendidikan diperlukan sekolah yang berkualitas yang tidak hanya mengembangkan keunggulan lokal melalui penyediaan tenaga-tenaga pendidik, tetapi juga perlu menyikapi tersedianya satuan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan “Kaliber“ dunia di Indonesia. Berdasarkan isu kondisi yang ada, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi merupakan salah satu sekolah yang mengadakan tiga kelas model yang berbeda, kelas model tersebut yaitu: Pertama, kelas model Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), kedua yaitu kelas model Bilingual, dan ketiga kelas model Reguler. Setelah diadakan penelitian lebih lanjut di SMP Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi hanya terdapat dua kelas model yaitu kelas model SBI dan kelas model Reguler, untuk kelas model Bilingual sudah ditiadakan, dari kedua kelas model tersebut, dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran sains fisika dilaksanakan dengan cara berbeda. Dalam mengkaji kesiapan sekolah melaksanakan pembelajaran pada kelas model ini akan menjawab permasalahan tentang Bagaimanakah formula panduan pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan hasil belajar fisika pada kelas model. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Formula panduan pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan hasil belajar fisika pada kelas model di SMP Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi yang ditentukan dengan metode Purposive viii Sampling Area. Subyek penelitian adalah siswa pada masing-masing kelas model, wakil kepala sekolah urusan bidang kurikulum, guru sains fisika pada kelas model. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, hasil belajar, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dicocokkan dengan formula panduan pembelajaran pada masing-masing kelas model dan data yang didapat masing-masing dipersentasekan untuk setiap komponen. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil sebagai berikut: Formula panduan antara kelas model SBI dan kelas model Reguler adalah sama. Implementasi pembelajaran antara kelas model SBI dan kelas model Reguler adalah juga sama, yang membedakan hanya pada penyampaian materi. Kelas model SBI materi disampaikan dengan menggunakan bahasa bilingual (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) sedang pada kelas model Reguler materi disampaikan dengan bahasa Indonesia. Hasil belajar antara kelas model SBI dengan kelas model Reguler menunjukkan adanya perbedaan. Ketuntasan penguasaan pengetahuan kognitif siswa yang ditetapkan sekolah adalah 70. Pada kelas model Reguler, dari 35 siswa hanya 3 siswa yang tidak memenuhi standar ketuntasan. Pada kelas model SBI, dari 19 siswa hanya 7 siswa yang dinyatakan memenuhi standar ketuntasan. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan, upaya-upaya yang dapat dikembangkan dalam melaksanakan program pembelajaran pada kelas model, khususnya kelas model SBI dalam mempersiapkan program pembelajaran SBI yang sebenarnya, maka ada beberapa rekomendasi yang dapat digunakan untuk pengembangan pelaksanaan pembelajaran pada kelas model, khususnya kelas model SBI, sebagai berikut: bagi guru, keikutsertaan dalam sosialisasi dan pelatihan kurikulum SBI, mengikuti work shop bertaraf Internasional, menjadi peserta dalam School Clutser, penggunaan dan pelatihan bahasa Inggris, mempunyai literatur bilingual, Penggunaan ICT, pengembangan bahan ajar. Bagi siswa, seleksi masuk kelas model SBI, mempunyai literatur bilingual, dan English Experience Day (EED). Sedang bagi sekolah, mempunyai fasilitas sarana belajar mengajar (laboratorium).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26524
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository