Show simple item record

dc.contributor.authorHelmi Isnaini
dc.date.accessioned2014-01-28T12:16:08Z
dc.date.available2014-01-28T12:16:08Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM020210402276
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26484
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas X SMA Nuris Jember dalam menulis puisi. Beberapa siswa menulis bukan karyanya sendiri melainkan karya orang lain seperti, menulis syair lagu yang dihapalnya dan menulis kembali karya puisi orang lain. Hal ini diakibatkan karena dalam proses pembelajaran guru dalam menyampaikan materi dengan metode ceramah. Guru idak menerapkan metode tanya jawab. Kemudian, guru langsung memberi tugas menulis puisi kepada siswa dan dikerjakan di dalam kelas dengan ruangan yang tertutup dan media yang terbatas. Setelah selesai puisi langsung dikumpulkan dengan tidak dievaluasi pada akhir pembelajaran. Hal ini mengakibatkan nilai tugas siswa masih dibawah rata-rata. Oleh karena itu, perlu digunakan metode untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode karyawisata. Penelitian dilakukan dengan membatasi masalah yaitu bagaimanakah penerapan metode karyawisata untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Nuris Jember. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Nuris Jember dengan penerapan metode kaaryawisata. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Jenis penelitian yang digunakan adalah simultan terpadu. Data dalam penelitian ini adalah rangkaian kegiatan atau tindakan guru dan reaksi siswa selama proses belajar-mengajar berlangsung. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dar hasil observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tugas menulis puisi. Sumber data yaitu siswa, guru, dan media selama proses belajar-mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan kemampuan siswa tersebut disebabkan adanya tindakan dengan penerapan metode karyawisata. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Pada prasiklus, 7 siswa (25%) yang mencapai ketuntasan dan 21 siswa (75%) masih belum tuntas. Setelah diterapkan tindakan pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 18 siswa (60%) dan 12 siswa (40%) masih belum tuntas. Hasil pada siklus II, 26 siswa (85%) yang mencapai ketuntasan dan 5 siswa (15%) belum mencapai ketuntasan. Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwapenerapan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Saran-saran yang diberikan antara lain, kemampuan siswa akan meningkat jika (1) pembelajaran menulis puisi dilakukan dengan metode karyawisata, (2) pemilihan tempat karyawisata yang memadai untuk melakukan pembelajaran, (guru memberikanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210402276;
dc.subjectMETODE KARYAWISATA, MENULIS PUISIen_US
dc.titlePENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NURIS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record