dc.description.abstract | Sejarah merupakan bidang studi yang dianggap membosankan oleh siswa.
Pembelajaran sejarah selama ini terkesan kurang bervariasi, sehingga siswa pasif dan
merasa sejarah merupakan pelajaran hafalan saja. Pembelajaran Quantum Learning dengan
Strategi Accelarated Learning dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan
bermanfaat bagi siswa menjadi respondsive dan bergairah dalam mengikuti proses belajar
mengajar. masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah peningkatan minat dan hasil
belajar dengan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs Negeri Jember II khususnya di kelas VIIID semester gasal tahun
Pembelajaran 2007-2008.
Penelitian ini menggunakan model skema Penelitian Tindakan Kelas Hopkins
dengan dua Siklus. Masalah penelitian adalah: (1) Adakah peningkatan Minat dan Hasil
belajar siswa melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning
pada pembelajaran sejarah? (2) seberapa besar peningkatan Minat dan Hasil belajar siswa
melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning pada
pembelajaran sejarah? Manfaat penelitian adalah sebagai berikut (1) bagi guru, dapat
dijadiakn sebagai salah satu media untuk memperluas wawasan tentang disiplin ilmu yang
di tekuni; (2) bagi guru, sebagai bahan masukan dalam menentukan metode pembelajaran
yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitias proses belajar mengajar khususnya mata
pelajaran sejarah; (3) bagi lembaga pendidikan dan sekolah yang terkait, diharapkan dapat
memberikan sumbangan pemikiran demi peningkatan mutu pendidikan, khususnya
perbaikan pembelajaran dalam bidang studi sejarah; dan (4) bagi peneliti lain, dapat
bermanfaat sebagai referensi dalam kegiatan penelitian yang sejenis.Tempat penelitian di
MTs Negeri Jember II pada semester gasal tahun pembelajaran 2007-2008. Penelitian ini
dilaksanakan selama 1 bulan, subyek penelitian adalah siswa kelas VIIID sebagai kelas
yang mempunnyai rata-rata nilai hasil belajar yang paling rendah. Dengan demikian
peneliti menetapkan kelas VIIID sebagai kelas yang memerlukan tidakan kelas.
Dalam penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil
belajar siswa melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning
pada pembelajaran sejarah (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan
hasil belajar siswa yang diajar melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi
Accelarated Learning. Peningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran sejarah,
khususnya kelas VIIID.Adapun peningkatan minat dari siklus I ke siklus II adalah sebagai
berikut: 31(berminat) menjadi 35(sangat berminat), terjadi peningkatan sebesar 4
sedangkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dari 71,28 menjadi 83,59
(terjadi peningkatan sebesar 12,31).
Berdasarkan pelaksanaan dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran melalui pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning
dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Karena pembelajaran ini mengutakan
kenyamanan siswa belajar, jikalau siswa merasa senang belajar maka dengan mudah siswa
menerima pelajaran yang di berikan guru (peneliti). | en_US |