ANALISIS KINERJA PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN KEY PERFORMANCE INDICATOR PADA KPP PRATAMA BATU MALANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pelayanan di KPP
Pratama Batu Malang dengan menggunakan pendekatan Key Performance Indicator.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Key Performance
Indicator untuk menganalisis data autentik kinerja KPP Pratama Batu Malang tahun
2010. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Untuk menganalisis kinerja pelayanan dari data-data kuantitatif KPP
Pratama Batu Malang tahun 2010.
Berdasarkan hasil analisis kinerja pelayanan dengan pendekatan Key
Performance Indicator dapat disimpulkan bahwa Indikator menunjukkan bahwa
kinerja pelayanan pada KPP Pratama Batu Malang sudah baik atau telah memenuhi
standar nasional yang ditetapkan oleh Dirjen Pajak. Namun KPP Pratama Batu
Malang tidak memberikan data lengkap sehingga data-data tersebut tidak dapat
diukur secara keseluruhan. Data yang sudah ditangani oleh pemerintah daerah
mencakup 6 indikator yaitu: Coverage Ratio PBB, Kepatuhan pelunasan PBB,
Assesment Sales Ratio, Efisiensi Penyelesaian Pengurangan PBB dan BPHTB,
Collection Ratio Pencairan Ketetapan PBB, Collection Ratio Tunggakan PBB dan
BPHTB.