ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBUAT PAKAIAN PADA DYNAND FARIZ HIGH FASHION CENTRE KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi
Keputusan Konsumen Membuat Pakaian Pada Dynand Fariz High fashion Centre
Kabupaten Jember ” dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari
variabel-variabel dari bauran pemasaran secara simultan maupun parsial dan juga
untuk mengetahui manakah diantara variabel-variabel bauran pemasaran tersebut
yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap pengambilan keputusan
konsumen membuat pakaian pada Dynand Fariz High Fashion Centre Kabupaten
Jember?
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel dari bauran
pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, karyawan, proses, dan bukti
fisik dalam pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan konsumen utuk
memesan pakaian pada Dynand Fariz High Fashion Centre Kabupaten Jember.
Variabel penelitian diukur dengan 24 item pertanyaan yang menggunakan skala
likert yang telah dimodifikasi dengan skala 1 sampai dengan 5. Metode analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda yang
sebelumnya data jawaban responden yang telah diperoleh dinaikkan skalanya dari
skala pengukuran ordinal menjadi skala pengukuran interval dan penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 100 responden.
Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa
bauran pemasaran berpengaruh nyata terhadap pengambilan keputusan konsumen
untuk membuat pakaian pada Dynand Fariz High Fashion Centre Jember.
Berdasarkan uji F yang telah dilakukan diperoleh bahwa F
yaitu
153,254 > 2,3123. Selanjutnya untuk nilai Adjusted R Square adalah 0,902. Hal
ini berarti 90,2 persen pengambilan keputusan konsumen membuat pakaian pada
Dynand Fariz High Fashion Centre dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran
dan sisanya sekitar 9,8 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar
model persamaan regresi yang dibuat. Sedangkan pengujian secara parsial (uji t)
juga menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh nyata terhadap
vii
hitung
pengambilan keputusan konsumen membuat pakaian pada Dynand Fariz High
Fashion Centre Jember. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai
t
hitung
untuk masing-masing variabel lebih besar dari t
, dan variabel harga
mempunyai pengaruh paling dominan terhadap pengambilan keputusan konsumen
membuat pakaian pada Dynand Fariz High Fashion Centre Jember yaitu sebesar
17.781