ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN (IMPORTANCE) DAN KINERJA (PERFORMANCE) KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN EF ENGLISH FIRST NUSANTARA JEMBER
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Tingkat Kepentingan (Importance) dan Kinerja
(Performance) Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen EF English First
Nusantara Jember”. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut: Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dari lima dimensi kualitas pelayanan yang
menjadi prioritas dalam upaya memuaskan konsumen atau siswa untuk selanjutnya dapat
dijadikan dasar dalam menentukan strategi pemasaran.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
survei dengan mengambil obyek penelitian EF English First Nusantara Jember. Data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diberikan
kepada siswa-siswi EF English First Nusantara Jember sebagai responden. Penelitian ini
menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling.
Dari Importance–Performance Análysis dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor
yang seharusnya menjadi prioritas dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu item
pertanyaan bernomor 1, 8, 12, 13, 16, 17, yang berada pada posisi kuadran A, karena
tingkat kepentingan konsumenn yang tinggi tidak disertai dengan kinerja yang tinggi
pula. Untuk item-item pertanyaan nomor 4, 5, 15, dalam kuadran B perlu dipertahankan,
karena pada umumnya tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan
harapan konsumen. Item-item pertanyaan nomor 2, 9, 10, 11, 14, merupakan atributatribut
yang berada dalam kuadran C, dengan pengertian bahwa kualitas layanan itemitem
tersebut biasa saja dan dianggap kurang penting oleh konsumen. Untuk item-item
pertanyaan bernomor 3, 6, 7, dalam kuadran D dinilai berlebihan dalam pelaksanaannya,
hal ini terutama disebabkan karena konsumen menganggap tidak terlalu penting terhadap
adanya atribut tersebut, akan tetapi pelaksanaannya dilakukan dengan baik sekali oleh
perusahaan.
Berdasarkan Importance-Performance Análisis dapat dibuat kesimpulan
mengenai alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan, yaitu
meningkatkan atribut-atribut pelayanan yang masuk pada kuadran A, dan C serta,
mempertahankan atribut-atribut yang masuk pada kuadran B dan D.