ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (STUDI PERBANDINGAN PADA MAHASISWA PTN DAN PTS DI JEMBER)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji persepsi mahasiswa jurusan
akuntansi baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam menyikapi
diselenggarakannya Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) serta untuk mengkaji
perbedaan persepsi diantara mahasiswa jurusan akuntasi perguruan tinggi negeri
dengan mahasisw jurusan akuntansi perguruan tinggi swasta dalam menyikapi
diselenggarakannya Pendidikan Profesi Akuntan (PPA).
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif yang
memfokuskan pada pembuktian hipotesis (Hypotesis Testing) serta pemahaman
melalui berbagai tes. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa akuntansi yang
terdaftar dapa perguruan tinggi di Jember masing-masing semester genap tahun
ajaran 2002/2005. Populasi tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu
mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan mahasiswa akuntansi
Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Analisis data yang digunakan adalah uji
instrument data, uji normalitas data, uji One Sampe t-test dan Independent Sample
t-test.
Berdasakan hasil pengujian hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa
mahasiswa akuntansi PTN mempersepsikan PPA perlu diselenggarakan. Dengan
kata lain, mahasiswa akuntansi PTN mempunyai persepsi yang positif terhadap
diselenggarakannya PPA. Hasil pengujian hipotesis kedua juga dapat disimpulkan
bahwa mahasiswa akuntansi PTS mempersepsikan PPA perlu diselenggarakan.
Dengan kata lain, mahasiswa akuntansi PTS juga mempunyai persepsi yang
positif terhadap diselenggarakannya PPA. Dengan diselenggarakannya PPA akan
memberi kemudahan bagi mahasiswa akuntansi PTS dalam memperoleh gelar
Akuntan, Karen mereka tidak perlu lagi mengikuti UNA Dasar dan UNA Profesi.
Hasil pengujian hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat
perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi PTN dan mahasiswa akuntansi
PTS dalam menyikapi diselenggarakannya PPA.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa akuntansi
PTN dan PTS mempunyai persepsi yang posistif terhadap diselenggarakannya
PPA serta ada perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi PTN dan PTS.