PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER (LPK) STAR JAJAG - BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan
pasar, pangsa pasar relatif dari produk perusahaan, mengelompokkan dan
memetakan beberapa produk dalam Matrik Boston Consulting Group (BCG)..
Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian empiris runtut
waktu/historis yang merupakan penelitian yang didasarkan pada fakta serta data
yang didapat dari perusahaan. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini,
yaitu data sekunder yang yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya
tetapi melalui sumber lain yang mempunyai kaitan langsung dengan masalah yang
diteliti atau dengan kata lain data yang diperoleh dari pihak kedua. Analisis data
yang digunakan yaitu analisis trend kuadratik, market share, dan matrik BCG.
Hasil penelitian ini adalah tingkat pertumbuhan pasar untuk program
Microsof Office sebesar 1,87%, desain grafis sebesar -12,3% sedangkan komputer
akuntansi sebesar -1,4%. PT. LPK STAR Banyuwangi mempunyai Market Share
sebesar 41,6% untuk Microsof Office, 38,8%% untuk desain grafis dan 29,7%
untuk komputer akuntansi. Pangsa pasar relatif PT. LPK STAR Banyuwangi
dibandingkan dengan PT. LPK Kharisma Banyuwangi sebesar 1,12x untuk
Microsof Office, 1,30x untuk desain grafis dan 0,61x untuk komputer akuntansi.
Jika dibandingkan dengan PT. LPK Mandiri Banyuwangi sebesar 1,94x untuk
Microsof Office, 1,20x untuk desain grafis dan 1,33x untuk komputer akuntansi.
PT. LPK STAR Banyuwangi dibandingkan dengan PT. LPK Kharisma
Banyuwangi berada pada posisi Cash Cow untuk program Microsof Office, posisi
Cash Cow untuk desain grafis dan dog untuk komputer akuntansi. PT. LPK STAR
Banyuwangi dibandingkan dengan PT. LPK Mandiri Banyuwangi berada pada
posisi Cash Cow untuk program Microsof Office, desain grafis dan komputer
akuntansi.