PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN PADA PENGADILAN NEGERI JEMBER
Abstract
Selama melaksanakan Praktek Kerja Nyata kegiatan Administrasi
Kesekretariatan di Pengadilan Negeri Jember meliputi kegiatan di bidang
pengelolaan surat masuk, pengelolaan surat keluar dan kearsipan.
Pengelolaan Surat
1. Pengelolaan surat masuk
Pengelolaan surat masuk pada Pengadilan Negeri Jember menganut sistem
satu pintu, artinya semua surat yang masuk ditangani oleh satu unit pengelola,
yaitu pengelola surat masuk sub bagian umum Pengadilan Negeri Jember.
2. Pengelolaan surat keluar
Pengelolaan surat keluar pada Pengadilan Negeri Jember menganut sistem
desentralisasi, yaitu pengurusan dan pengarsipan surat dengan memberi
kewenangan setiap unit bagian.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Nyata di Sub
bagian Umum :
1. Mengekspedisi surat masuk.
2. Mengagendakan surat masuk.
3. Mendisposisi surat masuk.
4. Mengisi kartu kendali untuk surat masuk.
5. Mengarsip kartu kendali.
6. Mengekspedisi surat keluar.
7. Mengagendakan surat keluar.
8. Mengarsip surat keluar.
9. Memberi alamat surat sesuai dengan tujuannya.
Kegiatan penataan kearsipan adalah :
1) menyusun dan menyortir surat berdasarkan klasifikasi dan indeks.
2) surat yang dipilih menurut klasifikasi perihal surat setelah disimpan sebagai
arsip
3) untuk menyimpan arsip, terlebih dahulu arsip/berkas dilubangi dengan
perforator
4) dalam menyimpan arsip kartu kendali memakai dua kartu kendali yaitu merah
dan putih
5) surat yang disimpan dalam brieffolder yaitu kartu kendali berwarna putih
(sebagai arsip).
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]