PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT. MAXIMA DATA JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang
menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), serta
ancaman (threat) yang akan dihadapi oleh PT. Maxima Data dalam bidang
e-commerce dan menentukan strategi pemasaran apa yang dapat diambil dan
digunakan oleh PT. Maxima Data Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif
merupakan suatu penelitian yang bersifat menggambarkan secara sistematis
mengenai fakta-fakta, situasi dan aktivitas dari obyek yang diteliti dengan tujuan
menggambarkan sifat tertentu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan
dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Sampel dalam penelitian ini
adalah responden yang pernah memanfaatkan jasa PT. Maxima Data Jember
minimal 1 kali. Penelitian ini mengambil 55 sampel, 5 dari internal perusahaan
dimana para responden adalah para karyawan dan 50 dari eksternal perusahaan
yaitu para konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan periode waktu penelitian
adalah bulan Oktober sampai dengan November 2007. Data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen
data dan analisis SWOT
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Berdasarkan klasifikasi pada tabel
IFAS dan EFAS diketahui bahwa skor untuk faktor strategis internal sebesar 2,854.
Sedangkan skor total untuk faktor eksternal sebesar 2,587. Dalam matrik Internal –
Eksternal (IE Matrik) didapatkan posisi PT. Maxima Data Jember yaitu berada pada
kuadran V yang bertanda asterix (2,584:2,587). Dalam kuadran V ini berarti bahwa
PT. Maxima Data Jember seharusnya menerapkan strategi stabilitas.
Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa PT. Maxima Data Jember
penetapan strategi yang diterapkan adalah differensiasi (Differentation),
pengembangan pasar (Market Development), penetrasi pasar dan strategi ekspansi.