SISTEM OPERASIONAL HOUSEKEEPING ( ROOM SECTION ) PADA HOTEL PANORAMA JEMBER
Abstract
Setelah pelaksanaan Praktek Kerja Nyata selama satu bulan dihotel panorama
jember, mengenai kegiatan bagian tata graha (housekeeping),maka dapat dibuat
kesimpulan sebagai berikut :
a. Untuk meningkatkan operasional disuatu hotel, maka tata graha turut memegang
peranan penting bagi kelancaran rangkaian tugas suatu hotel, karena bagian tata
graha inilah yang bertanggung jawab mengenai keindahan, kerapian, kebersihan,
kelengkapan, dan kesehatan seluruh kamar juga area umum lainnya;
b. Untuk menunjang kelancaran proses penjualan kamar pada hotel panorama
jember, maka seorang pramugraha harus mampu menciptakan suasana hotel yang
bersih, menarik, nyaman, dan aman. Berkaitan dengan kegiatan bagian tata graha
tersebut, maka para karyawan bagian tata graha tersebut dituntut untuk memiliki
perilaku, pengetahuan, dan keterampilan tentang bagaimana menjaga kerapian dan
kebersihan ruangan hotel dengan menggunakan teknik dan prosedur serta
peralatan yang benar, sehingga dapat menjamin kualitas pelayanan yang sesuai
dengan keinginan tamu;
c. Dalam menyelesaikan kewajibannya, seorang pramugraha harus menggunakan
teknik dan prosedur serta peralatan yang benar. Peralatan yang digunakan,
misalnya: vakum cleaner (mesin penghisap debu), mopping (alat pel lantai),
toiletbowl brush (sikat jamban/WC).
Dengan demikian, hotel tidak akan berjalan tanpa adanya bagian tata graha.
Jadi kebersihan suatu hotel merupakan syarat utama. Kesan bersih yang diciptakan
oleh karyawan hotel, pada dasarnya dapat memberi kepuasan kepada tamu tersebut,
kesan tersebut dapat diperoleh melalui orang yang pernah inggal dihotel tersebut dan
menceritakan keadaan hotel tersebut sehingga seseorang terarik untuk tinggal.
Collections
- DP-Travel Agent [250]