• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM OPERASIONAL HOUSEKEEPING ( ROOM SECTION ) PADA HOTEL PANORAMA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdl0 (239)_1.pdf (37.85Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    ANANG BUDIHARDJO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setelah pelaksanaan Praktek Kerja Nyata selama satu bulan dihotel panorama jember, mengenai kegiatan bagian tata graha (housekeeping),maka dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : a. Untuk meningkatkan operasional disuatu hotel, maka tata graha turut memegang peranan penting bagi kelancaran rangkaian tugas suatu hotel, karena bagian tata graha inilah yang bertanggung jawab mengenai keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan, dan kesehatan seluruh kamar juga area umum lainnya; b. Untuk menunjang kelancaran proses penjualan kamar pada hotel panorama jember, maka seorang pramugraha harus mampu menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman. Berkaitan dengan kegiatan bagian tata graha tersebut, maka para karyawan bagian tata graha tersebut dituntut untuk memiliki perilaku, pengetahuan, dan keterampilan tentang bagaimana menjaga kerapian dan kebersihan ruangan hotel dengan menggunakan teknik dan prosedur serta peralatan yang benar, sehingga dapat menjamin kualitas pelayanan yang sesuai dengan keinginan tamu; c. Dalam menyelesaikan kewajibannya, seorang pramugraha harus menggunakan teknik dan prosedur serta peralatan yang benar. Peralatan yang digunakan, misalnya: vakum cleaner (mesin penghisap debu), mopping (alat pel lantai), toiletbowl brush (sikat jamban/WC). Dengan demikian, hotel tidak akan berjalan tanpa adanya bagian tata graha. Jadi kebersihan suatu hotel merupakan syarat utama. Kesan bersih yang diciptakan oleh karyawan hotel, pada dasarnya dapat memberi kepuasan kepada tamu tersebut, kesan tersebut dapat diperoleh melalui orang yang pernah inggal dihotel tersebut dan menceritakan keadaan hotel tersebut sehingga seseorang terarik untuk tinggal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26407
    Collections
    • DP-Travel Agent [261]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository