PROSEDUR ADMINISTRASI REKENING GIRO DAN ATM BRITAMA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK. CABANG BONDOWOSO
Abstract
Dari Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan di PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Bondowoso, dapat diambil kesimpulan :
a. Pengalaman yang diperoleh dari Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan di
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Bondowoso Bondowoso
adalah dapat membantu pelaksanaan kegiatan Bank dengan ikut serta
menjalankan dan mengamati aktifitas Bank khususnya pada pelaksanaan
administrasi pembukaan, penyetoran, penarikan Rekening Giro dan ATM
BritAma, yang mencakup antara lain :
1. Melakukan pengecekan terhadap pengisian formulir permohonan untuk
menjadi nasabah giro pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.
Cabang Bondowoso.
2. Melakukan pengecekan terhadap pengisian formulir permohonan untuk
membuka ATM untuk nasabah BritAma pada PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero), Tbk. Cabang Bondowoso. Mengamati masalah-masalah yang
dihadapi nasabah yang berhubungan dengan rekeningnya dan kegiatan
perbakan lainnya.
3. Mengamati cara penyetoran dan penarikan Rekening Giro.
b. Manfaat yang dapat diperoleh selama melakukan Praktek Kerja Nyata yang
dilaksanakan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang
Bondowoso adalah :
1. Dapat mengetahui proses administrasi Rekening Giro yang berupa
pembukaan, penyetoran dan penarikan Rekening Giro dan ATM BritAma
pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Bondowoso.
a) Pelaksanaan pembukaan Rekening Giro antara lain :
1) Pengisian formulir permohonan untuk menjadi nasabah Giro
2) Melengkapi surat-surat keterangan yang diperlukan sesuai dengan
persyaratan yang telah ditetapkan oleh bank tersebut.
3) Pengisian surat pernyataan menjadi nasabah giro dan memenuhi
pasal-pasal yang telah ditetapkan.
b) Pelaksanaan penyetoran Rekening Giro adalah :
1) Pengisian slip setoran.
2) Penyerahan uang jika secara tunai.
3) Pembukuan slip tersebut ke dalam kartu Giro
4) Pengarsipan oleh bagian akuntansi.
c) Pelaksanaan penarikan Rekening Giro adalah :
1) Penyerahan alat pembayaran yang digunakan.
2) Pengecekan terhadap contoh tanda tangan, saldo yang ada dan
waktu efektif warkat tersebut.
3) Pembukuan kartu Giro.
4) Penyerahan uang setelah pengecekan itu benar.
5) Pengarsipan oleh bagian akuntansi.
d) Mengetahui alat pembayaran yang digunakan, media administrasi, dan
cara menghitung jasa Giro.
2. Dapat menambah wawasan di dalam menerapkan teori-teori yang
diperoleh dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan teori tersebut
dengan kenyataannya dalam praktek.
Collections
- DP-Accounting [658]